Metropolis

Hutama Karya Optimis Tol Pekanbaru-Bangkinang 40 Kilometer Beroperasi 2021

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Hutama Karya Jalan Tol (HKJT) Ruas Pekanbaru-Bangkinang optimis ruas tol sepanjang 40 kilometer ini beroperasi di tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh Bambang Eko dalam presentasi progres tol riau pada saat coffie morning bersama Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau, Kamis 19 November 2020. 

Presentasi progres tol riau ini diawali paparan progres pengadaan tanah oleh Satuan Kerja PengadaanTanah Jalan Tol Wilayah II yang diwakili oleh Jimmy Sianipar. 

Dalam kesempatan itu Jimmy menyampaikan, progres pengadaan tanah di ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang saat sudah memasuki fase pembayaran uang ganti kerugian. Terhadap lahan yang telah dibayarkan, pembangunan fisik langsung dikerjakan oleh pelaksana.

"Kami laporkan bahwa progres pengadaan tanah untuk ruas tol Pekanbaru-Bangkinang sudah masuk pembayaran UGK. Lahan yang sudah dibayar, langsung dikerjakan oleh HK. Saat ini, tinggal satu Desa Rimbo Panjang dalam tahap pengumuman peta bidang/daftar nominatif dari total trase 40 kilometer" tegas Jimmy.

Dalam paparannya, Bambang Eko juga menyampaikan apresiasi kepada pihak-pihak terkait terutama Pemprov Riau, Kanwil BPN Riau dan Pemkab Kampar yang terus memberikan dukungan percepatan. Dengan dukungan tersebut, Hutama Karya menargetkan tol ruas Pekanbaru-Bangkinang dapat beroperasi tahun 2021 mendatang.

"Ruas pekanbaru-bangkinang alhamdulillah progresnya bagus, berkat dukungan semua pihak Pemprov Riau, Kanwil BPN dan Pemkab Kampar semua mendukung. Kami menargetkan lebaran 2021 ruas ini sudah bisa beroperasi" tegas Eko.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Ir.H.M.Taufiq.OS, MT menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau akan terus mendukung percepatan pembangunan ruas-ruas tol trans sumatera khususnya terkait persiapan penyediaan tanah dan penyesuaian tata ruang yang menjadi tupoksinya.

Taufiq mengaku bersyukur terhadap target operasional tol pekanbaru-bangkinang tahun 2021. Disamping itu, berkaitan dengan masalah-masalah yang disampaikan seperti kawasan hutan, mantan Kadis Perhubungan ini menyampaikan akan melakukan langkah-langkah penyelesaian secara berjenjang.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur jika ruas pekanbaru-bangkinang bisa beroperasi tahun 2021. Berkaitan masalah kawasan hutan tim saya sudah menyampaikan, kami akan lakukan langkah penyelesaian ditingkat kami, jika tidak mampu akan sampaikan ke pak Sekda, dan pak Gub" pungkasnya.