Ekonomi

Hari Terakhir Siak Job Fair, Ada Pelamar Bawa Sampai 6 Rangkap Berkas

SIAK, RIAULINK.COM - Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan, ratusan pencari kerja terlihat membanjiri arena Siak Job Fair 2020 di Siak Sport Hall Kecamatan Siak. Bahkan terlihat ada pelamar yang membawa 3 hingga 6 berkas lamaran. 

Arena Siak Job Fair sudah dipenuhi calon tenaga kerja sejak pagi hari. Mereka datang tidak hanya dari wilayah Kabupaten Siak saja, ternyata ada juga dari luar daerah seperti Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan.

"Insya Allah ada rezeki saya di sini. Semoga ada perusahaan buka lowongan kerja dan menerima saya," kata Rifki (25), warga Kota Pekanbaru saat diwawancarai di lokasi Siak, Kamis (18/11/2020). 

Pemuda yang bergelar akademik D3 Teknik Mesin ini mengaku, sejak lulus kuliah 2017 lalu di salah satu universitas di Riau, baru dua kali mengikuti kegiatan seperti ini.

"Ini kali kedua. Yang pertama di Pekanbaru tahun 2018 lalu, waktu itu saya gagal. Tidak ada perusahaan yang memanggil saya. Padahal, ada 5 lamaran saya masukkan ke perusahaan berbeda yang mengikuti kegiatan itu. Namun satupun tak ada yang manggil. Insya Allah, kali ini rezeki saya," kata dia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Siak, Amin Budyadi mengatakan hingga berakhirnya Siak Job Fair ini sekitar 800  peserta yang mengikuti kegiatan itu. 

Acara ini resmi ditutup oleh Disnaker hari ini, Kamis. Siak Job Fair 2020 diselenggarakan selama 2 hari sejak Rabu (18/11) semalam. 

"Hari pertama sekitar 300 sampai 400 peserta, di hari kedua juga segitu, total globalnya 800 lebih yang ikut. Tentunya semuanya dipastikan mematuhi protokol kesehatan Covid-19," kata Amin.

Amin mengatakan, Siak Job Fair sudah tiga kali digelar sejak terbentuknya Disnaker Siak. Ratusan warga Siak pun sudah bekerja di perusahaan yang beroperasi di Siak maupun diluar setelah mengikuti kegiatan tersebut.

"Karena itu kita berharap di tengah pandemi ini, antusias para pencari kerja jangan kendor. Sebab, Siak Job Fair 2020, ada 30 perusahaan besar di Siak dan diluar Siak yang ikut dan semuanya tengah membuka lowongan kerja," kata dia. (Wahyu)