Riau

Urai Kemacetan Pada Saat Malam Pergantian Tahun Baru, Polisi Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

RIAULINK.com - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, akan membuat rekayasa arus lalu lintas untuk mengurangi kemacetan pada penuambutan malam tahun baru 2019.

"Pada saat malam tahun baru di sini (Depan Purna MTQ) akan sangat padat sekali. Ini kan euforia masyarakat saat pergantian tahun. Tentunya ada rekayasa kita siapkan dan berlakukan nanti pada saat yang diperlukan," kata Wakapolda Riau Brigjen Wahyu Widada, Senin (24/12/2018).

Hal tersebut disampaikan Wahyu, sesudah cek pos pengamanan didepan MTQ di Jalan Sudirman.

"Kita siapkan ketika nanti dibutuhkan, bukan sekarang. Gunanya mengantisipasi stagnannya arus kendaraan. Kita hadir untuk membantu agar lancar. Tugas kita menjamin keamaman dan kenyamanan masyarakat," jelasnya.

Wakapolda Riau pun mengimbau masyarakat, agar bersama-ama menjaga kondusifitas lingkungan masing-masing.

"Jaga keamanan diri juga. Bagi yang merayakan di jalan-jalan harap menaati dan mematuhi petunjuk kepolisian dan petugas di lapangan," pungkasnya.

Dalam rencana rekaya arus lalu lintas depan Purna MTQ sendiri, kemungkinan U Turn (Median untuk memutar jalan) akan ditutup saat perayaan tahun, sehingga pengemudi hanya bisa lurus dari kedua sisi.

Jika kepadatan meningkat, maka pengendara dari arah bandara akan dialihkan berbelok ke kiri menuju Jalan Arifin Achmad. Polisi juga mempertimbangan rute menuju bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, agar tetap lancar.

Tujuannya, agar calon penumpang yang menuju bandara tidak terganggu perjalanannya, akibat volume kendaraan depan Purna MTQ Pekanbaru yang meningkat saat malam pergantian tahun. (Wan)