Olahraga

Anggaran Dipangkas, Pengurus Hingga Atlet KONI Terancam Hanya Berhonor 10 Bulan

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bengkalis Darma Firdaus Sitompul merasa kesal karena anggaran KONI 2020 di pangkas tanpa pemberitahuan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sehingga berakibat berkurangnya anggaran pada pembinaan atlet dan pemberian honorium pengurus.

"Kami selaku Pengurus KONI Kabupaten Bengkalis meminta TAPD untuk memanggil kami mengenai anggran tersebut, maunya pemangkasan jangan secara sepihak, seperti yang telah dilakukan di tahun 2020 ini, yang berakibat berkurangnya anggaran pada pembinaan atlet dan pemberian honorium pengurus yang hanya cuma 10 bulan saja," kata Ketua KONI Darma Firdaus, Sabtu (14/11/2020).

Ditambahkan Darma Firdaus yang akrab di sapa Ucok bahwa pada masa pandemi ini memang harus ada anggaran-anggaran yang kena pangkas. "Tapi setidaknya kami tahun ini di APBD murni mendapat 15 M dan telah di potong Rp10 M menjadi Rp5 M karena covid, tapi tiba-tiba secra sepihak TAPD memotong lagi sebesar Rp1 M tanpa memanggil kami KONI dan secara sepihak,sehingga KONI tahun ini menjadi Rp4 M," kata Ucok.

Yang lebih vatal lagi kata Darma Firdaus pihaknya juga dapat isu bahwa katanya anggaran KONI tahun 2021 hanya sebesar Rp4 miliar.

"Kami sangat menyayangkan kepada TAPD Kabupaten Bengkalis yang tidak memanggil kami KONI,untuk mempresentasikan anggaran tersebut, yang mana sebelumnya bersama Pj Bupati sudah saya sampaikan jika anggaran yang kami ajukan tahun depan sebesar Rp25 miliar dan mendapat rekom dispora sebesar 20 miliar, mengingat ada 3 agenda besar dan pembinaan yg akan di laksanakan pada tahun 2021 nanti, yakni PON Papua, Porkab Serentak se Riau dan  sudah di mulainya TC berjalan untuk Porprov di Kuansing," kata Darma Fidaus.

Ketua KONI tegaskan jika tahun depan dialokasikan sebesar Rp4 miliar kembali, Pengurus dan kawan cabor tidak akan bisa maksimal dalam mengukir prestasi, di mana setiap pembinaan itu membutuhkan pendanaan secara contineu apalagi ada agenda yang wajib di laksanakan pada tahun depan.