Lingkungan

Sambangi Bea Cukai Tembilahan, DPKP Inhil Cek Proteksi Kebakaran

INHIL, RIAULINK.COM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Mengunjungi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Tembilahan, Kamis (12/11/2020).

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala DPKP Inhil, H. Eddywan Shasby, MM. Dalam melakukan kunjungan DPKP Inhil terbagi dari 3 Tim.

Tim Pertama ditugaskan untuk memberikan materi terkait Upaya dini mencegah ancaman bahaya kebakaran dan cara penggunakan Apar yang benar.

Tim Kedua ditugaskan untuk melakukan inspeksi terhadap bangunan gedung dan lingkungan meliputi : Akses dan pasokan air untuk pemadam kebakaran, sarana penyelamat, Sistem proteksi pasif, Sistem proteksi aktif, Utilitas bangunan gedung dan lainnya serta Fire Safety Management.

Tim Ketiga ditugaskan untuk melakukan simulasi penggunaan Apar dan benda lainnya antara lain karung Goni.

Kepala DPKP Inhil, H. Eddywan Shasby menyebut bahwa Kedatangannya ke Kantor Bea Cukai Tembilahan adalah dalam rangka mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dampak ikutan kejadian kebakaran.

"Serta, Untuk mewujudkan perlindungan terhadap aset pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam bentuk gedung pemerintahan, fasilitas umum, fasilitas penunjang perekonomian/Industri dan lainnya," Sebutnya. 

Lanjutnya, Eddywan shashy menjelaskan bahwa dalam kegitan tersebut DPKP Inhil melakukan inspeksi (Pemeriksaan Kesesuaian dan peruntukan) terhadap sarana prasarana proteksi kebakaran dan penyelamatan gedung dan lingkungan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tambahnya, H. Eddywan Shasby menyebut bahwa pelaksanaan inspeksi sarana prasarana proteksi dan penyelamatan merupakan kewenangan Pemerintah Daerah sebagai bagian dari pelaksanaan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar sub urusan kebakaran.

"Inspeksi sarana dan prasarana proteksi kebakaran dan penyelamatan juga ditujukan untuk melihat sejauh mana sudah yang dilakukan kantor Bea Cukai Tembilahan dalam melakukan penanggulangan kebakaran dan penyelamatan. Serta menyusun rencana kontijensi kedaruratan kebakaran dan penyelamatan di institusi Bea dan cukai Tembilahanba yang saat ini dipimpin oleh Bapak Ari wibowo," Jelasnya

Lebih lanjut, H. Eddywan Shasby menyebut bahwa sangat terharu saat berkunjung ke kantor Bea dan cukai Tembilahan karena mendapat pelayanan dan Respo yang sangat baik, begitu juga kepada semua peserta yang sangat semangat untuk mengikuti setiap materi yang di sampaikan.

"Harapan kami segala usaha dan upaya yang sudah dilakukan kantor bea dan cukai dapat dikerjasamakan dalam bentuk MOU sehingga dapat upaya penanganan mulai pencegahan, penanganan kebakaran, penyelamatam/ Evakuasi sampai dengan Investigasi dapat lancar, dan kantor bea dan cukai bisa terus berkoordinasi dengan kami dalam hal pemadamam kebakaran dan penyelamatan," ungkapnya. (Jb)