Serambi islam

Pesan Tegas Bupati Inhil untuk Para Camat Jelang MTQ Kabupaten

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Muhammad Wardan menghadiri Rapat Persiapan Muhasabah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-50 Inhil.

Rapat Persiapan MTQ Ke-50 Inhil tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Inhil Lantai 5, Jum'at (06/11/2020).

Rapat tersebut juga dihadiri Ketua Panitia MTQ Ke-50 Inhil, H. Eddywan Shasby, Camat Se-Inhil dan Panitia MTQ Ke-50.

Dalalm rapat persiapan MTQ Ke-50 itu, Bupati Inhil, H. Muhammad Wardan menekankan Kepada Para Camat bahwa dalam Perhelatan MTQ Ke- 50 nanti untuk tidak mencatar Peserta dari daerah lain.

"Untuk para Camat, kiranya dalam Perhelatan MTQ Ke-50 Inhil natinya yang akan dilaksanakan pada 4-9 Desember 2020 untuk tidak mencatar Peserta dari daerah lain," Sebutnya.

Sementara, Ketua Panitia MTQ Ke-50 Inhil, H. Eddywan Shasby menyebut bahwa pelaksanaaan MTQ Ke-50 tahun 2020 dilaksanakan di Tembilahan dikarenakan pada saat ini masih pada masa pandemi covid-19.

"Sehingga penyelenggaraannya dilaksanakan secara sederhana antara lain 
Tidak mengadakan acara serimonial dengan mengumpulkan orang banyak,
Fokus pada acara Musbaqah dengan 8 cabang yakni CabangTilawah, Cabang Qira'at, Cabang Tahfids, Cabang Tafsir, Cabang Syarhil, Cabang Fahmil, Cabang khattil serta Cabang M2IQ dan hadist," Sebutnya.

Lanjutnya, H. Eddywan Shasby menjelaskan bahwa Pelaksanaan MTQ Ke-50 dilaksanakan di beberapa lokasi.

"Mashid Agung Al-huda merupakan lokasi Pembukaan dan penutupan serta tempat lomba cabang Tilawah, Masjid YAMP merupakan lokasi lomba cabang Tahfizh dan cabang Tafsir, Masjud Darul Hikmah merupakan lokasi lomba cabang Qira'at, dan Kampus STAI Auliarrasyidin merupakan lokasi untuk lomba Fahmil, Syarhil, MMQ, khattil qur'an dan cabang hadist," Jelasnya.

Terakhir, H. Eddywan Shasby menyebut bahwa Thema yang diangkat pada MTQ ke 50 tahun 2020 adalah " Membangun Generasi Qur'ani yang cerdas, Berakhlak Mulia dan Kuat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Jb)