Riau

Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Bandara SSK II Pekanbaru Alami Lonjakan

RIAULINK.com - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) ll Pekanbaru, mengalami peningkatan 12 persen arus mudik, dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan, sudah memasuki libur panjang tahun baru.

Peningkatan tersebut jurusan dari Pekanbaru ke bandara Kuala Namu Sumatera Utara, yang mencapai 18 kali penerbangan.

"Yang dominan itu di maskapai Lion Air, Pekanbaru ke Medan dan sebaliknya hingga 18 kali penerbangan," kata Executive General Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Jaya Tahoma Sirait, Ahad (23/12/2018).

Lanjut Jaya mengatakan, arus mudik akan berpuncak pada Jumat dan Sabtu mendatang, karena pada saat itu, yang selesai kerja, langaung berangkat.

"Jauh lebih meningkat dibanding tahun lalu. Perbandingannya 12 persen," sebut Jaya.

Selain meningkatnya arus mudik, pihak bandara juga lebih waspada untuk meningkatkan keamanan areal bandara, dari penumpang yang memanfaatkan untuk membawa narkotika.

"Fokus utama deteksi barang. Pengalaman tahun lalu, ada kecenderungan peningkatan narkoba yang dibawa penumpang. Kondisi tersebut membuat kita lebih meningkatkan pengawasan dari yang tak nampak dan yang tampak," ujar Jaya. 

Penumpang yang cenderung mempunyai pengalaman membawa barang narkotika itu, tidak menyimpannya di dalam tas. Sebab saat melewati pintu deteksi akan diketahui cepat. Karenanya, mereka menyelipkan di dalam tubuh mereka. 

"Untuk itu, bukan hanya melalui pintu deteksi saja yang diawasi. Tapi gerak gerik penumpang juga kita awasi," pungkas Jaya. (Wan)