Politik

Tumang Susah Sinyal, Alfedri Bakal Wujudkan Bangun Jaringan Internet

Calon Bupati Siak nomor urut 2, Alfedri melakukan kampanye dialogis di Kampung Tumang, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Sejak berdirinya Kampung Tumang di Kecamatan Siak Kabupaten Siak, sampai sekarang belum dibangun tower di sana. Masyarakat masih sulit untuk mengakses internet. 

Sutrimo (43) warga Kampung Tumang mengaku sudah 12 tahun tinggal di kampung itu. Untuk mengakses internet warga harus berada di dekat Kantor Desa di sana. 

"Sinyal internet di sini ada tapi di tempat-tempat tertentu, kalau gak di Kantor Desa ya di lapangan bola. Selain itu jaringannya hilang," kata pria yang akrab disapa Trimo, Jumat (30/10/2020). 

Apalagi, sambung Trimo, di masa pandemi Covid-19 ini, anak murid sekolah diharuskan belajar dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan butuh akses internet.

Menurutnya, untuk pembangunan tower sudah sering diajukan masyarakat kepada pihak kampung atau desa untuk meminta dibangun tower oleh provider. Namun hingga kini belum kunjung direalisasi. 

"Dengar-dengarnya ada kendala di lahan, karena lahan di Kampung Tumang ini rata-rata dikuasai HGU perusahaan," ungkap Trimo. 

Cerita itu disampaikan oleh Sutrimo saat dia menghadiri kampanye dialogis calon bupati Siak nomor 2 Alfedri di Kampung Tumang di kediaman Sukirman.

Alfedri dalam orasinya mengatakan bakal segera mewujudkan pembangunan tower di Kampung Tumang itu.

Menurut Alfedri, untuk akses internet bisa didorong dari BUMD yaitu PT Sarana Pembangunan Siak (SPS) sebagai penyedia jaringannya. 

"Kita sudah melakukan pertemuan bersama warga dan kita minta proposalnya, kemudian kita rekomendasikan ke provider untuk dibangun tower di sini. Rasanya juga sudah wajar di Tumang dibangun tower sebab ini jalan lintas dan juga penting untuk anak sekolah," kata Alfedri di depan masyarakat Tumang. 

Alfedri juga menyampaikan telah menyosialisasikan kepada pihak sekolah untuk bekerjasama dengan PT SPS untuk pembangunan jaringan internet.

Alfedri berharap, ke depan masyarakat di Kabupaten Siak tak lagi kesulitan mengakses internet. Alfedri bakal mempriotitaskan hal itu sebagai penunjang program smart kampung yang dicanangkannya. (Wahyu)