Lingkungan

Empat Kelurahan di Dumai Ini Bakal Dialiri Air Bersih

DUMAI, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota Dumai melakukan pertemuan dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang berkongsi dengan PT Adaro Tirta Mandiri di Jakarta.

Diketahui kedua perusahaan tersebut merupakan kontraktor konsorsium yang menggarap proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kota Dumai. 

Adapun pertemuan mereka, guna membahas finalisasi peluncuran mengalirnya SPAM untuk warga Dumai.

Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah mengatakan jika tidak ada aral melintang, pada tanggal 28 Oktober 2020 nanti akan mengalirkan air bersih melalui sambungan ke rumah-rumah warga.

"Biasanya kami berjumpa di Dumai, namun kali ini berbeda, kami bertemu langsung di Jakarta terkait finalisasi peluncuran air minum tersebut,"ungkap orang nomor satu di Kota Dumai ini memaparkan.

Untuk tahap pertama, kemungkinan akan dialirkan ke empat kelurahan di Dumai. Meskipun ia masih enggan mengatakan kelurahan mana saja yang akan dialiri air minum tersebut.

"Karena pihak kontraktor mengerjakannya secara bertahap, jadi Insyallah kita alirkan dulu di beberapa kelurahan,"sebut dia.

Dirinya memohon doa restu dari masyarakat Dumai, semoga apa yang menjadi ikhtiar pemerintah khususnya mengenai SPAM diberikan kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Semoga kita diberikan kemudahan oleh Allah SWT, dan kita berharap hal ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Dumai,"ucap dia berharap dan bersyukur

Sebagaimana diberitakan sebelumnya PT Adhi Karya merupakan pihak kedua yang tertarik menanamkan investasinya di bidang kelanjutan pembangunan SPAM di Kota Dumai.

Kemudian Adhi Karya menggandeng PT Adaro Tirta Mandiri melalui kerjasama operasional (KSO) dengan sistem kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Selanjutnya pada tahun 2019 dilakukan penandatanganan kontrak kerjasama antara Pemko Dumai dengan pihak kedua.

Hal ini pernah diungkapkan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai, Riau Satria Alamsyah.

Dikatakan Rio begitu ia kerap disapa, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dumai Bersemai, Agus Adnan mewakili Pemko Dumai menandatangani surat kerjasama sebagai penanggungjawab pelaksana kerjasama dengan badan usaha pelaksana (BUP) PT Dumai Tirta Persada.

PT Dumai Tirta Persada sendiri merupakan perusahaan yang dibentuk oleh Adhi Karya dan Adaro.

Sedangkan proyek air minum dikerjakan oleh PDAM. Untuk pelaksanaan pekerjaan membangun SPAM dengan sistem KPBU berkapasitas 450 liter per detik.

Dengan sistem kerjanya bertahap, untuk tahap pertama telah dibangun SPAM berkapasitas 50 liter per detik dan sudah terlaksana di tahun 2019 dan 2020.

Kemudian pembangunan debit air 200 liter per detik yang dibangun pada 2021 mendatang dengan target kesiapan pada tahun 2022.

"Untuk tahap kedua SPAM instalasi pengolahan air (IPA) oleh investor sebesar Rp449 miliar termasuk anggaran lanjutan pembangunan SPAM tahap dua yang investasi KPBUnya selama 25 tahun,"tutup dia.(kll)