Pendidikan

Berbeda, SLB Sekar Meranti Punya Metode Belajar di Tengah Pandemi

MERANTI, RIAULINK.COM - Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Sekolah Luar Biasa (SLB) Sekar Meranti, Desa Anak Setatah, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti, Riau melakukan metode pembelajaran dengan cara mendatangi langsung ke rumah siswanya. 

Kepada Riaulink.com, Kamis (22/10/2020) pagi Kepala SLB Sekar Meranti, Safrizal menyampaikan bahwa para guru mengunjungi rumah siswa untuk melakukan proses belajar-mengajar mengingat masih banyak siswa yang tidak mempunyai android untuk melakukan pembelajaran secara online. 

"Hal ini dilakukan karena banyak siswa yang tidak memiliki ponsel pintar android dan koneksi internet untuk mengikuti pembelajaran daring atau online," ungkapnya.

Ia mengakui, sudah ada anjuran agar siswa belajar secara online. Namun,  pihaknya sangat memahami kondisi tersebut. Dengan segala keterbatasan fasilitas itu, dia mengatakan, tak memungkinkan proses pembelajaran siswanya akan berjalan dengan maksimal. Karena itu, 
tak ingin menambah beban para orangtua siswa, Safrizal berinisiatif
menyambangi rumah siswanya.

Safrizal juga menceritakan, butuh waktu setengah hari untuk mengajarkan siswa di rumah. Ada 9 guru yang ditugaskan mendatangi setiap rumah untuk mengajar siswanya yang berjumlah 45 orang tersebut dengan jam pelajaran sekitar 15 menit setiap siswa, tentunya sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah selama masa pandemi Covid-19.

Ditambahkan, dalam seminggu para guru hanya mengajar selama tiga hari, sementara tiga hari lainnya digunakan untuk menyiapkan materi agar pelajaran yang diajarkan bisa diulangi siswa bersama orang tuanya.

"Dalam seminggu pelajaran di rumah ada tiga kali, di selang waktu dimanfaatkan para guru untuk menyiapkan materi dan tugas pelajaran agar bisa singkron dengan orang tua dan pelajaran tersebut bisa diulangi lagi, dengan begitu pembelajaran bisa cepat mencapai target," pungkasnya. (Aldo)