Sosial

LKPH Inhil Gelar Pelatihan Tentang Hukum

INHIL, RIAULINK.COM - Lembaga Komunitas Peduli Hukum (LKPH) Inhil Laksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Hukum dengan mengusung tema 'Membangun dan Membudayakan penegakan Hukum yang Berkeadilan', di Aula salah satu Hotel yang ada di Tembilahan, Kamis, (22/10/2020).

Diklat yang diadakan LKPH Inhil tersebut digelar selama 2 hari yakni pada tanggal 22 sampai 23 Oktober 2020.

Kegiata tersebut dihadiri Bupati Inhil yang diwakili oleh asisten 1 bidang hukum, Kodim 0314/Inhil, Polres Inhil, Orari Inhil, ketua Gp Ansor Inhil , Karang Taruna Inhil, dan peserta Diklat hukum.

Ketua pelaksana, Vivi Arfiani Siregar, SH. MH menyebut bahwa kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari. Dalam kegiatan Diklat dengan terdiri berberapa unsur narasumber akademis, pengadilan kejaksaan, dan Advokat.

"Diklat Hukum yang diadakan LKPH tersebut mengusung tema Membangun dan Membudayakan Penegakan Hukum yang Berkeadilan agar masyarakat tau bagaimana proses hukum," Sebutnya.

Lanjutnya, Vivi menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini untuk pemahaman hukum kepada masyarakat karena sering terjadi pro kontra di masyarakat adanya permasalahan hukum.

"Tau hukum tapi sering terjadi permasalahan hukum didalam masyarakat," Jelasnya

Tambahnya, Vivi mengatakan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan Diklat Hukum LPKH diharapkan kepada peserta agar bisa bersosialisasi Kepada masyarakat bagaimana mengatasi permasalah yang ada berbau hukum agar tidak sering terjadi permasalahan hukum di kemudian hari.

Sementara, Asisten 1, Dr. Masdar dalam sambutannya menyampaikan salam Bupati Inhil kepada panitia dan lembaga dikarenakan bupati tidak bisa ikut hadir dikarenakan adanya aganda kesibukan lain. 

Lanjutnya, Masdar mengatakan bahwa Negara kita adalah Negara hukum dimana dalam pembukaan konsitusi negara dimuat pokok- pokok pikiran tentang kemerdekaan, perikemanusia-an dan keadilan sosial, segala bentuk tindakan kita sehari-hari. 

"Maka dari itu, Harus disandarkan kepada peraturan perundang- undangan, maupun kaedah hukum lainnya,"Paparnya.

Lebih lanjut, Masdar juga memberikan pemahaman kepada peserta Diklat hukum, bahwa saat ini tidak mudah untuk memaparkan kondisi hukum di Indonesia tanpa adanya keperhatian yang mendalam mendengar ratapan masyarakat yang terluka oleh hukum.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Asisten 1 bidang hukum mengatakan bahwa mewakili pemerintah ia menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh LKPH.

"Semoga para peserta mendapatkan wawasan dan pemahaman lebih luas tentang dinamika penegakan hukum di Indonesia, serta lebih menguatkan kelembagaan LKPH Inhil dalam rangka memantapkan pemahaman dan penegakan Hukum," Ucapnya.

Selain itu, Ketua LKPH Inhil, Edison Menjelaskan bahwa tujuan terbentuk nya LKPH adalah sebagai pendamping pemerintah untuk mensosialisasikan hukum sebagai kontrol pembangunan hukum dan yang adil dan transparan. (Jb)