Serambi islam

Gubri: Pesantren Miniatur Negara yang Harmoni

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan bahwa pondok pesantren merupakan suatu miniatur negara yang harmoni, yang mana tentunya ini dilihat dari tingginya kesadaran harmoni beragama dan berbangsa.

Hal ini diungkapkannya saat memberikan sambutan pada Sarasehan Pimpinan Pondok Pesantren se-Provinsi Riau di Kediaman Gubernur Riau, Rabu (21/10/2020).

"Pesantren berperan aktif dalam merebut kemerdekaan, pembentukan dasar negara, tercetusnya resolusi jihad 1945 sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, dan perlawanan terhadap pemberontakan PKI," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa selain sebagai miniatur negara yang harmoni, pesantren juga sebagai tempat proses transfer ilmu diantaranya mengaji, memahami, mengamalkan dan memberi teladan. Selain itu pesantren juga tempat mengedepankan prinsip loyalitas santri yang dibingkai dalam paradigma etika beragama dan realitas kebutuhan sosial, serta prinsip kemandirian, kerja sama dan saling membantu.

Gubri mengatakan ada tiga poin pada eksistensi pesantren saat ini. Pertama, sebagai lembaga keagamaan yang menjalankan fungsi pengembangan ilmu agama Islam, penjaga identitas kultural serta menjaga dan melestarikan nilai, norma, tradisi, dan budaya Islam Indonesia.

Kedua sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan fungsi penyebaran pengetahuan, sains dan teknologi, nilai-nilai kemajuan, dan berbagai keterampilan berbasis teknologi.

Ketiga, pesantren sebagai lembaga sosial kemasyarakatan yang menjalankan fungsi penyampaian beragam cara yang akan mengubah masyarakat kepada perbaikan kehidupan atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(mc)