Ekonomi

Gubri: Sayang, Potensi Kita Tak Dimanfaatkan dengan Baik

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Dikenal memiliki sumber daya alam yang bagus, potensi yang ada di Bumi Melayu Riau ini belum termanfaatkan dengan maksimal. 

Untuk itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau agar masyarakat semakin jeli untuk mengolah potensi yang ada di Provinsi Riau.

"Sayang negeri kita ini punya potensi tapi tidak dimanfaatkan dengan baik," katanya.

Kelapa sawit adalah salah satu potensi yang dicontohkannya. Dimana, selain dari buahnya, Gubri menyebutkan masih banyak potensi yang dimiliki pohon dengan bahasa latin Elaeis Guineensis Jacq yang belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat Riau, dan itu sangat besar manfaatnya bagi perkembangan ekonomi.

"Selain buahnya, sawit juga bisa dibuat sebagai pakan ternak, memanfaatkan lidi pepahnya hingga membuat gula dari sawit dan masih banyak lagi," ujarnya.

Gubri juga menyebutkan, beberapa waktu lalu ia dan dua gubernur lainnya mendapat arahan dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam sebuah webinar pengembangan potensi santri preneur berbasis UMKM sawit. 

Lebih lanjut, Syamsuar menyebutkan Selain dikenal dengan provinsi penghasil sawit terbesar, Riau juga memiliki banyak pesantren yang tersebar di kabupaten/kota.

Untuk itu, Wapres menginginkan ekonomi Riau tumbuh dengan melakukan kolaborasi antara pesantren dengan perusahaan-perusaan perkebunan yang ada di Riau.

"Riau memiliki 308 pesantren dan madrasah, sehingga sangat bagus jika pesantren dan perusahaan berkolaborasi dan juga bisa menciptakan santri preneur di Riau," lanjutnya.

Dengan itulah, Gubri berharap pesantren tidak hanya melahirkan santri hanya bisa ilmu agama namun juga bisa belajar entrenpreneur. Sehingga nantinya potensi yang dimiliki kelapa sawit bisa diolah dengan maksimal oleh anak muda Riau.(mc)