Lingkungan

12 Hotspot Terdeteksi di Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Meski hari ini cuaca Riau didominasi hujan, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat masih ditemukan titik panas atau hotspot di Bumi Lancang Kuning itu, Selasa (20/10/2020).

Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah mengatakan, untuk hari ini terpantau 12 titik panas. "Titik panas itu tersebar di 7 wilayah," ujar Yudhistira Mawaddah.

Ia merincikan, di Rokan Hilir terdapat 1 titik, Kampar 2 titik, Kuantan Singingi 2 titik, Indragiri Hilir 1 titik, Pelalawan 2 titik, Rokan Hulu 2 titik dan Dumai 2 titik.

"Dari jumlah tersebut 1 titik di level rendah dan 11 titik berada di level sedang. Artinya, belum bisa dipastikan apakah di titik tersebut terjadi kebakaran hutan dan lahan atau tidak," cakapnya.

BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan masih berpotensi mengguyur Riau, Selasa (20/10/2020). Hujan sudah mulai mengguyur Riau pada pagi hari tadi dan akan berlangsung hingga dini hari.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat - Utara dengan kecepatan 10 – 30 KM/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.