Peristiwa

Ada ASN Positif Covid-19, Tiga Kantor Dinas di Rokan Hilir Tutup Sementara

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Tiga kantor dinas di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, ditutup sementara sejak hari ini, Kamis (15/10/2020) gara-gara pegawainya terpapar Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Rokan Hilir Ahmad Yusuf membenarkan adanya penutupan tiga kantor organisasi perangkat dareah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohil itu.

“Tadi kami sudah berkoordinasi dengan bapak Pjs Bupati Rohil Rudyanto dan sudah melaporkan kondisi terkini kepada Sekda, sehingga hasil komunikasi kami dengan Pak Sekda memerintahkan ada tiga kantor pada saat ini tidak melakukan pelayanan kecuali yang sifatnya sangat urgen,” kata Ahmad Yusuf.

Adapun tiga kantor yang ditutup sementara itu adalah Dinas PUPR, Dinas Koperasi/UMKM serta Dinas Tenaga Kerja.

Sementara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 lanjutnya, seluruh pegawai di kantor itu diminta untuk menjalani swab test, aktivitas pun dihentikan untuk sementara waktu.

Ahmad Yusuf menerangkan, dalam 11 pekan terakhir secara kumulatif jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Rohil terjadi peningkatan secara signifikan. Bahkan sebutnya, tingkat penyebaran virus tergolong sangat mengkhawatirkan sebab telah mencapai sebanyak 247 orang terkonfirmasi positif.

“Kecamatan Bangko adalah merupakan jendela atau ibu kota Kabupaten Rohil, mungkin kita perlu mendapat perhatian khusus karena penularan Covid-19 ini sudah klaster perkantoran,” cakapnya.

Diakui Ahmad Yusuf, khususnya di Kecamatan Bangko sebagian besar yang terkonfirmasi positif adalah berasal dari kalangan ASN.

“Untuk itu mungkin perlu menjadi catatan kita bersama bahwa mari sama-sama kita mengedukasi masyarakat karena sebaran kasus Covid-19 di Rohil pertama juga Kecamatan Bangko ini sudah sangat signifikan penambahannya,” pungkasnya.