Sosial

Kabar Gembira, ASN dan Honorer di Siak Bisa Miliki Rumah Bersubsidi

SIAK, RIAULINK.COM - Impian untuk memiliki rumah bagi ASN dan tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak bakal bisa terwujud.

Salah satu developer properti bakal menggandeng Pemkab Siak untuk mengembangkan rumah hunian subsidi bagi ASN dan honorer. 

PT Azzam Jaya Propertindo (AJP), Kamis (15/10/2020) telah melakukan sosialisasi bersama Pemkab di ruang rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Siak, Jamaluddin yang hadiri dalam sosialisasi itu mengatakan, rumah bersubsidi yang ditawarkan pengembang PT AJP tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi ASN dan honorer yang berminat untuk memperoleh hunian layak huni.

"Alhamdulillah, kita sudah melakukan sosialisasi oleh PT AJP tentang rumah subsidi. Hal ini juga melibatkan pihak bank nantinya," kata Jamal kepada riaulink.com.

Dikatakannya, ini merupakan suatu kesempatan bagi ASN dan Honorer yang selama ini ingin memiliki rumah lebih mudah. 

Masih kata Jamal, persyaratan untuk memiliki ruah itu cukup mudah dan tidak perlu membayar uang muka, sudah bisa mendapatkan rumah hunian tipe 36 dengan luas tanah 9x12 meter kubik.

Untuk angsuran pembayaran rumah akan dilakukan selama 15 tahun dan setiap bulannya hanya membayar sebesar Rp1.130.000 dengan pemotongan gaji setiap bulannya.

Dari pemaparan pihak PT AJP itu, perumahan ini tidak hanya dikembangkan di Kecamatan Siak saja, tetapi juga dikembangkan di Kecamatan Tualang pada tahap ini, dan berikutnya direncanakan akan dikembangkan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

Agar pelaksanaan pembayaran pihak pengembang akan bekerjasama dengan beberapa Bank diantaranya Bank Riau Kepri, Bank BRI, Bank BNI serta beberapa bank lainnya termasuk pemerintah daerah.

Sementara itu Dirut PT AJP, Kastomo mengatakan ini bentuk sinergi bersama pemerintah kabupaten Siak untuk pengadaan rumah bagi ASN dan Honorer dengan program 'Sigap'.

Program Sigap merupakan bentuk program kontribusi perusahaan dan pemerintah terhadap masyarakat dengan menghubungkan program subsidi dari pengembang dengan program subsidi dari pemerintah. 

Dalam hal ini PT AJP memberikan subsidi developer bagi ASN dan Honorer yang akan membeli rumah. Saat ini pihak pengembang telah menyediakan perumahan di jalan parit baru Kabupaten Siak dan akan dikembangkan kembali di Kecamatan Tualang-Perawang dengan luas lahan 3 hektar, khusus untuk program Sigap itu. 

"Program ini tentunya diharapkan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan rumah," singkatnya. (Wahyu)