Ekonomi

Pertama di Indonesia, Resort Based Management Diresmikan di Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Kantor Resort Based Management (RBM) di Kampung Dosan, Kecamatan Pusako, Kabupaten Siak yang dibangun oleh PT Arara Abadi diresmikan Gubernur Riau, Syamsuar sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Harapan kami yang pertama mengurangi kebakaran hutan dan lahan, yang kedua masyarakat bisa diberdayakan agar bisa mengelola lahan," kata Syamsuar saat peresmian di Kampung Dosan, Kamis (15/10/2020). 

Dia menyampaikan apresiasi pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau bisa bekerjasama dengan pengelola konsesi dalam hal ini PT Arara Abadi. Dengan adanya resort ini juga bisa menyelesaikan konflik antara masyarakat dan perusahaan selama ini.

Hal itu melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bisa menanam di lahan yang disediakan. Selain tentunya untuk menjaga negeri Kampung Pusako dari karhutla. Ini kata Gubri adalah usulan Pemerintah Provinsi Riau untuk memberdayakan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH).

"Ini baru ada di Riau, kita sudah buat peraturan gubernurnya, peraturan daerahnya belum. Kepada masyarakat silahkan menanam, saya minta jagung lah supaya bisa untuk ketahanan pangan di Riau," ujarnya.

Pada acara ini diserahterimakan resort tersebut ke Pemprov Riau di bawah pengelolaan Unit Pelaksana Teknis KPH DLHK Provinsi Riau. Bersamaan dengan itu juga diserahkan enam unit sepeda motor beserta perangkat penanggulangan karhutla dan kebun unit desa.

Sementara itu, Direktur PT Arara Abadi, Edi Haris menyampaikan resort ini dibuat sebagai upaya bersama pemerintah daerah untuk mencegah karhutla. Khususnya mendukung apa yang diinisiasi oleh Sekretaris Jendral Kementrian LHK terkait RBM tersebut.

"RBM yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah di Kampung Dosan ini. Harapan kita tak terjadi lagi kebakaran seperti tahun lalu, juga akan ada program peningkatan kesejahteraan masyarakat yang akan mendorong masyarakat tidak melakukan tindak pembakaran lahan," ujarnya.

Lebih lanjut kata dia resort ini akan melibatkan tim terpadu dalam pencegahan karhutla. Masuk ke dalamnya TNI-Polri, Manggala Agni KLHK, Regu Pemadam Kebakaran PT Arara Abadi serta masyarakat peduli api.

Meski baru diresmikan, tim terpadu tersebut sudah bekerjasama dalam pencegahan karhutla. Edi mengungkapkan bahwa dari hasil pantauan dari  Januari sampai sekarang di Dosan tak ada lagi terjadi kebakaran.

Ditambahkannya di Indonesia diinisiasi kan tujuh RBM dengan dua diantaranya di Riau. Pertama di Kampung Dosan dan satu lagi di Rupat, Kabupaten Bengkalis."Progres yang sangat maju di Dosan ini karena sudah ditetapkan," imbuhnya. (Wahyu)