Peristiwa

4 Tenaga Medis RSUD Rohul Positif Covid-19, Masrul: Ini Kode Keras untuk Masyarakat

ROKAN HULU, RIAULINK.COM - 4 tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu, terkonfirmasi Covid-19. Dari 4 tenaga medis 3 diantaranya merupakan dokter dan satu orang perawat.

Direktur RSUD Rohul dr. Novil Raykel membenarkan terkait informasi tersebut. Saat ini keempat tenaga medis tersebut sudah dilakukan isolasi di RSUD Rohul.

Menurut Novil, ditemukannya tenaga medis yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil Swab PCR dari Laboratorium Biomolekuler di Pekanbaru pada hari ini, Senin (5/10/2020).

"Berdasarkan swab yang dilaksanakan dua hari lalu, yang hasilnya kita terima hari ini ada 4 tenaga medis kita yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terdiri dari 1 Orang dokter spesialis, 2 dokter umum dan 1 perawat," cakap Novil.

Dikatakan Novil, adanya tenaga medis yang Terkonfirmasi positif Covid-19 tentunya menganggu pelayanan baik dari sisi Psikis petugas medis yang bertugas dan juga masyarakat yang dilayani.

Untuk menghilangkan keragu-raguan petugas medis dan masyarakat, sekaligus memutus mata rantai penularan, pihak RSUD Rohul mulai Selasa besok rencananya akan melakukan tes swab terhadap unit layanan di rumah sakit.

"Besok kita akan mulai lakukan swab terhadap 24 orang di UGD. Selama menunggu swab keluar, UGD akan tutup selama 2 hari atau hingga hasil swab tenaga medis itu keluar. Selama ditutup layanan UGD dialihkan ke Rumah Sakit terdekat," jelasnya.

Swab juga akan dilakukan pada unit layanan lain seperti Poliklinik dan Rawat Inap. Dimana selama menunggu hasil pemeriksaan swab maka layanan tersebut akan ditutup sementara.

"Target kita 1 minggu ini kita fokus melakukan tes swab massal kepada tenaga medis, jika ada yang positif maka akan langsung dilakukan isolasi. Kita harapkan minggu depan RSUD sudah beroperasi seperti biasa," ujar Novil.

Sementara itu, Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy menyatakan, sudah adanya Tenaga medis yang terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan kode keras kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Ini kode keras untuk seluruh masyarakat, dokter saja yang safety bisa kena. Apalagi kita masyarakat biasa. Jadi untuk itu mari kita tingkatkan kedisiplinan dalam menerapkan Protokol Kesehatan, disiplin pakai masker, Jaga Jarak dan Menerapkan Pola Hidup bersih dan sehat," imbau Masrul.

Mantan Wabup Kepulauan Meranti itu juga mengajak masyarakat untuk mendoakan para tenaga medis yang terkonfirmasi positif agar kembali sembuh.

"Mari kita support tim medis kita dengan melindungi diri kita dan orang lain dengan mematuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jika masyarakat kita disiplin, maka akan sangat membantu tenaga medis, karena angka kasus menurun," pungkas Masrul Kasmy.