Hukrim

Kesadaran Warga Tak Pakai Masker Terus Meningkat 

DUMAI, RIAULINK.COM - Tim Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 Kota Dumai kembali melaksanakan razia masker untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan.

Tim yustisi yang terdiri dari seluruh insur, mulai dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI dan Polri melaksanakan penegakan Perwako nomor 65 tahun 2020.

Diawali dengan pelaksanaan apel di halaman kantor Satpol PP Kota Dumai pada Kamis (1/1/2020), kegiatan razia masker dipusatkan di jalan-jalan protokol menyasar pada masyarakat yang tak menggunakan masker.

Kepala Satpol PP Kota Dumai, Bambang Wardoyo mengatakan pada patroli gabungan ini telah berhasil menjaring sembilan orang yang melanggar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker di Jalan Husni Thamrin (Dock Yard) Kelurahan Simpang Tetap Dahrul Ihsan (STDI) Kecamatan Dumai Barat. 

"Angka tersebut, jauh menurun dibandingkan dengan operasi sebelumnya yang mencapai 45 orang,"ungkap dia usai gelar razia masker.

"Artinya kesadaraan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker mulai meningkat," sebutnya.

Bambang mengaku, masih menerapkan sanksi sosial bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan untuk memberikan efek jera.

"Kita masih menerapkan sanksi sosial bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan untuk memberikan efek jera, seperti menyapu jalan, push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membacakan sila-sila Pancasila, dan lain sebagainya," terangnya.

"Kita berharap, sanksi sosial dapat memberikan efek jera dan menjadi contoh serta panutan bagi warga lainnya dan ini kita lakukan keliling, dan dilaksanakan secara terus menerus,"tukasnya. (Kll)