Pilkada Siak 2020

Janji Bantu 1000 UMKM, Alfedri: Tak Perlu Malu Memulai Usaha Kecil

SIAK, RIAULINK.COM - Sebagai calon Bupati Siak dengan nomor urut dua, Alfedri memiliki program bagi pelaku pengusaha kecil menengah untuk membantu pengembangan usahanya. 

Di setiap kampanyenya, Alfedri mengatakan bakal membuat program 1000 UMKM. Sebab, UMKM merupakan salah satu sektor untuk menumbuhkan perekonomian di daerah.

Menurutnya, membuka usaha sendiri tidak butuh ijazah dan latar belakang pendidikan yang tinggi. Yang dibutuhkan adalah kemauan dan semangat untuk memulai. Bukan berarti pendidikan tidak perlu. Artinya meskipun pendidikan kita terbatas, bukan menjadi halangan untuk memulai sebuah usaha.

"Kami mempunyai prinsip, tak perlu malu memulai usaha dari kecil. Bisnis itu ibarat manusia, semuanya pernah jadi bayi, tidak mendadak jadi besar. Jadi ini yang akan kita dorong agar pelaku UMKM di Siak ini bisa bertumbuh kembang," kata Alfedri menyampaikan beberapa programnya saat kampanye, Rabu (30/9/2020). 

Lanjutnya, program 1000 UMKM itu bisa dianggarkan dari APBD dan alokasi dana desa (ADD) yang 60 persennya untuk pemberdayaan masyarakat.

"Ada juga nanti dari Badan Amil Zakat Nasional (BASNAS) dan dana tanggungjawab perusahaan atau CSR dan pemasaran dibantu secara daring," sebut Alfedri.

Dijelaskannya, di era industri sekarang ini semua sistem telah terkoneksi dengan internet, sehingga kecanggihan dalam sistem jual beli dan pelaku pasar juga harus bisa mengaplikasikannya.

"Sekarang semua serba internet, termasuk jual beli sudah online. Di Siak ada anak generasi milenial kita asal Dayun membuat platform untuk memasarkan barang yang akan dijual oleh UMKM kita nanti, jadi pelaku UMKM tak perlu ragu untuk memasarkan dan mencari pelanggan," katanya. 

Usai berkampanye di Kecamatan Sabak Auh, Alfedri menyempatkan diri singgah untuk makan siang di Pondok Ikan Bakar Bude Neti di jalan Lintas Sungai Pakning-Siak, Kampung Belading. 

Sebelum makan, Alfedri berkesempatan mengintip dapur di warung makan itu. Ia pun ikut membakar ikan bakar yang akan disantapnya.

"Saya sudah biasa bakar ikan, dulu masa kecil saya sering menjala ikan di sungai, lalu saya bakar bersama teman-teman. Iya kita doakan warung Ikan Bakar Bude Neti laris dan berkah," kata Alfedri.  

Ditempat yang sama, pemilik warung ikan bakar, Neti merasa senang dikunjungi Alfedri, ia mengaku selama ini sudah lama mengenal Alfedri sejak menjadi wakil bupati Siak dua periode sampai menjadi Bupati Siak. Namun baru kali ini dikunjungi. 

"Alhamdulillah, kalau ini baru pak Alfedri yang datang. Saya kagum lihat beliau ternyata orangnya sederhana, ditambah pak Alfedri ke depan sangat memperhatikan usaha kecil seperti kami ini. Saya doakan beliau jadi pemimpin lagi," kata Neti. (Wahyu)