Lingkungan

Waspada, Hujan Disertai Petir akan Mengguyur Riau Hari Ini

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir berpotensi menguyur Riau, Rabu (30/9/2020).

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Sanya Gautami mengatakan, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Sanya Gautami.
Ia mengatakan, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi disebagian wilayah Kabupaten Kampar.

"Siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Siak, dan Kabupaten Kepulauan Meranti," cakapnya.

Malam hari potensi hujan terjadi disebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kampar, Rokan Hilir, Siak dan sebagian Kota Pekanbaru.

"Sementara dini hari potensi hujan terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi," sebutnya.

Lanjut Sanya lagi, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Rokan Hilir pada malam atau dini hari.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 55 - 97 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara-Selatan dengan kecepatan 10 - 36 KM/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.