Kesehatan

Pernyataan Mengejutkan Asisten II Setdaprov Riau Soal Antisipasi Covid-19

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Evarefita mengatakan bahwa fakta saat ini menunjukkan terjadi pergeseran pola penular­an.

Diungkapkannya, jika sebelumnya sebagian besar pasien positif yang di­rawat menunjukkan gejala, tapi akhir-akhir ini jus­tru banyak yang terinfeksi adalah orang yang tanpa gejala (OTG).

"Saya juga bagian dari gugus tugas Covid-19, akhir-akhir ini memang yang positif lebih banyak OTG," kata Evarefita saat audiensi bersama Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Provinsi Riau di Ruang Asisten II Kantor Gubernur, Selasa (29/09/2020).

Ia menjelaskan, saat ini setiap harinya terjadi penambahan kasus positif di provinsi Riau sehingga perlu kewaspadaan dan mendisiplinkan diri melaksanakan protokol kesehatan. Hal tersebut agar tidak terjadi penularan dari orang yang terinfeksi Covid-19 yang tidak memiliki bergejala.

"Kewaspadaan itu perlu, salah satunya kita menganggap orang berhadapan dengan kita adalah terinfeksi Covid-19 yang merupakan OTG," tuturnya.

Ia kembali mengingatkan untuk meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Dengan membangun asumsi bahwa siapa pun di de­pan kita harus kita anggap sebagai orang yang sudah te­rinfeksi Covid-19, maka demikian kita akan le­bih hati-hati saat berinteraksi dengan orang lain," pungkasnya.(mc)