Pilkada Dumai 2020

KPU Umumkan Daftar Relawan Demokrasi Pilkada Dumai 2020

Keterangan foto : Komisioner KPU Kota Dumai, Parno

DUMAI, RIAULINK.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai mengumumkan daftar peserta lulus hasil seleksi calon relawan demokrasi (Relasi) pemilihan kepala daera (pilkada) Kota Dumai serentak lanjutan tahun 2020, Selasa (29/9/2020).

Komisioner KPU Dumai, Parno mengungkapkan pengumuman tersebut bisa dilihat dan didownload di website KPU Dumai https://kota-dumai.kpu.go.id/.

Penetapan berdasarkan berita acara KPU Kota Dumai tentang penetapan hasil seleksi wawancara Relasi, melalui surat tersebut diumumkan nama-nama calon yang dinyatakan lulus

Bagi yang lulus selanjutnya dipanggil untuk mengikuti kegiatan pengukuhan dilanjutkan dengan bimbingan teknis (Bimtek) yang akan dilaksanakan Rabu (30/9/2020) di Balai Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh Kota Dumai sekiranya pukul 09.00 WIB.

Lanjutnya, saat pengukuhan dan bimtek, calon Relasi datang lebih awal minimal 30 menit sebelum acara dimulai dan wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan cara menggunakan masker. 

"Calon Relasi juga diminta menggunakan celana dan rok hitam dan baju putih,"sebut dia.

Lebih lanjut, Parno mengatakan, Relasi adalah tim sosialisasi yang dibentuk oleh KPU. 

Ada tujuh basis tim Relasi yang direkrut oleh KPU Dumai, yaitu basis keluarga lima orang, basis pemilih muda lima.orang, basis pemilihan perempuan lima orang, basis penyandang disabilitas empat orang, basis komunitas empat orang, basis keagamaan lima orang, dan basis warga internet lima orang.

Relasi akan membantu KPU dalam melakukan sosialisasi di tiap basis, sejalan dengan tujuan pembentukan Relasi yaitu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Wali Kota Dumai dan Wakil Wali Kota Dumai 2020 mendatang.

Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, pembentukan tim Relasi juga untuk membantu KPU melakukan sosialisasi setiap tahapan 
Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Dumai Serentak Lanjutan 2020. Harap Parno.

"Untuk pembekalan, usai Pengukuhan, seluruh Relasi akan mengikuti Bimtek menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya,"sebut dia.

"Bimtek dilakukan untuk memahami setiap tahapan yang akan dilakukan menjelang pilkada,"tukasnya.(kll)