Metropolis

Hari Pertama Kerja, Pjs Bupati Siak Ingatkan ASN untuk Netral

Pjs Bupati Siak, Indra Agus Lukman saat pimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda, kepala OPD dan Camat di lingkungan pemerintahan Kabupaten Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Mengawali tugasnya di hari pertama, Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman melakukan silaturahmi dengan Forkopimda, pimpinan OPD dan seluruh camat dalam rapat koordinasi dan pengantar tugas Pjs Bupati, Senin (28/9/2020).

"Ibarat tamu, harus masuk tampak muka, dan pulang harus tampak punggung," kata Indra dalam sambutannya. 

Sejumlah arahan penting yang disampaikan Pjs Bupati Siak adalah terkait pentingnya kerjasama semua pihak dalam hal penanggulangan Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan serta netralitas ASN dalam Pilkada.

Disampaikannya, pemilihan kepala daerah tahun ini berbeda dari yang sebelumnya. Sebab perbedaannya tahun ini harus mengutamakan protokol kesehatan, dan ini hal baru yang menjadi tanggungjawab bersama. 

Ia yakin dan percaya Siak mampu untuk melaksanakan Pilkada disaat pandemi dengan baik. 

"Saya yakin dan percaya, karena Siak dikenal dengan segudang prestasinya. Mulai dari pemerintahannya, pembangunan maupun bidang politik. Insya Allah Siak yang terbaik di Provinsi Riau," ujarnya. 

Menurutnya, untuk menghadapi Covid-19 ini perlu kerjasama dan kesadaran diri sendiri. Ia berharap, aparatur pemerintah selaku pengayom masyarakat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. 

"Selaku ASN, kita dulu yang harus mulai. Baik dari keluarga, dan di lingkungan kantor untuk menjaga kondisi bebas dari virus tersebut" ucapnya. 

Lebih lanjut Kadis ESDM Provinsi Riau ini menyampaikan, bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) mesti bersikap netral menyambut Pilkada 2020.

"Jangan jadikan bantuan kita menjadi penghalang bagi orang yang kita dukung. Mari sama-sama kita jaga netralitas kita sebagai ASN," tegasnya. 

Netralitas dari ASN adalah poin utama dalam Pilkada tahun ini. Terutama para Camat dan Lurah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Alumni STPDN angkatan 05 ini kemudian menceritakan kisah hidupnya setelah selesai kuliah di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri di tahun 1997.

Diujung sambutannya, ia akan mencanangkan program pertashop Pertamina di kampung-kampung, yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam). 

"Bagi BUMKamp yang memiliki modal dan jauh dari SPBU bisa mengelola pertashop ini. Dan mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan dengan baik" imbuhnya. 

Menurutnya, kehadiran pertashop di kabupaten Siak diharapkan bisa mendorong peningkatan perekonomian kampung. Sekaligus bisa menjadi percontohan bagi Kabupaten lain di Provinsi Riau dimasa yang akan datang. (Wahyu)