Metropolis

Edi Sindrang: Pemkab Inhil Harus Refocusing Program

INHIL, RIAULINK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil menggelar rapat paripurna bersama Bupati Inhil HM Wardan dan jajaran OPD, di ruang sidang gedung DPRD Inhil.

Rapat paripurna tersebut membahas pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD mengenai Raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2020.

Edi Haryanto Sindrang, anggota DPRD Inhil Fraksi Golkar dari Komisi III saat dikonfirmasi, mengatakan pemerintah daerah harus konsisten dalam melaksanakan program yang menjadi prioritas Bupati Inhil dan merancang berbagai perubahan APBD Kabupaten Inhil tahun 2020.

“Kami meminta pemerintah daerah dalam hal ini OPD untuk merefocusing kegiatan-kegiatan yang tidak lagi relevan atau tidak dalam koridor prioritas, sehingga anggaran tersebut benar-benar bermanfaat bagi masyarakat secara tepat,” ungkapnya.

Menurutnya, perlu dilakukan efesiensi anggaran APBD sesuai dengan asas pemanfaatannya.

“Sehingga perlu dilakukan efesiensi anggaran sesuai dengan prinsip-prinsip anggaran yang berpegang teguh pada asas-asas pemanfaatannya,” papar Edi Sindrang.

Anggota komisi III itu menyarankan agar target PAD disusun dan direncanakan dengan data yang realistis dan rinci, sehingga dewan legislatif bisa mengontrol target capaian tersebut.

"Yang terpenting anggaran kegiatan tahun 2020 ini harus betul-betul menyentuh masyarakat sesuai arahan dan harapan Bupati Inhil, apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini," tukasnya.