Metropolis

Tol Pekanbaru - Dumai Diresmikan, Gubri Berterimakasih kepada Presiden

Keterangan foto : saat Presiden RI Joko Widodo meresmikan ruas jalan Tol Pekanbaru-Dumai. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

DUMAI, RIAULINK.COM - Gubernur Riau, H Syamsuar mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Joko Widodo telah bersedia membangun dan meresmikan megaproyek Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru - Dumai.

"Alhamdulillah dengan hadirnya pak Presiden meresmikan ruas tol Pekanbaru-Dumai ini secara virtual ini membuktikan pembangunan infrastruktur di Riau semakin berkembang,"ucap Syamsuar memberikan sambutannya di sela peresmian jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Jumat (25/9/2020) sekiranya pukul 14.25 WIB 

Selain bersyukur, mantan Bupati Siak ini menyampaikan dengan adanya pembangunan tol ini sebagai tonggak sejarah pertama di Provinsi Riau sehingga tidak hanya bermanfaat bagi penduduk Kota Dumai melainkan semua masyarakat kabupaten kota di Riau khususnya dalam pergerakan perekonomian di Riau.

"Karena semua pelaku usaha akan menikmati fasilitas ruas tol ini demi memajukan perekonomian daerah,"ucap Syamsuar.

Disambung Syamsuar, jalan tol ini melewati empat daerah, tak hanya Kota Pekanbaru dan Kota Dumai saja melainkan Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis yang dibangun sepanjang 131,5 kilometer. Jalan tol sendiri dibangun sejak tahun 2017 dan selesai tahun 2020.

Dengan nilai investasi pembangunan sebesar Rp16,210 triliun dengan skema pendanaan oleh BUMN salah hal ini PT Hutama Karya (Persero) sebagai penanggung jawab proyek. 

"Yang mana rencana mulai konstruksi tahun 2016 dan mulai beroperasi tahun 2019,"ungkap Syamsuar lagi.

Sebagai salah satu bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang direncanakan akan membentang dari Pulau Sumatera sampai selatan menyambungkan wilayah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai Provinsi Lampung.

Sedangkan ruas Pekanbaru - Dumai terbagi dalam enam seksi, yakni seksi l : Pekanbaru -  Minas sepanjang 9,5 kilometer.

Seksi II :  Minas -  Kandis Selatan 2,41 kilometer, seksi III : Kandis Selatan -  Kandis Utara sepanjang 16,9 kilometer.

Seksi IV : Kandis Utara - Duri Selatan 26,25 kilometer, seksi V : Duri Selatan - Duri Utara sepanjang 29,40 kilometer, terakhir seksi VI Junction Duri - Dumai sepanjang 25,44 km.

"Sehingga dengan adanya fasilitas tol ini, status Dumai sebagai kota industri  perminyakan dapat mengembangkan  agrobisinis serta dapat terus mendukung pengembangan sektor industri tersebut,"jelas dia.

Di kesempatan yang sama, Presiden Jokowi meresmikan ruas jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Istana Kepresidenan Bogor secara virtual.

“Dengan mengucap bismillahhirohmanirohim, saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai hari ini,”kata dia.

"Dengan adanya jalan tol ini tentu akan meningkatkan konektivitas antara Ibu Kota Provinsi Riau dengan Dumai,"ujarnya.

Tol Pekanbaru - Dumai ini menjadi istimewa karena memiliki jalur pelintasan gajah, dan hal ini adalah yang pertama di Indonesia. (Kll)