Politik

Cabut Nomor Urut di Meranti, Paslon 'Bersinar' Tak Hadir

MERANTI, RIAULINK.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti menggelar rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti pada Pilkada 2020, di Hotel Grand Meranti, Kamis (24/9/2020) pagi.

Hasilnya pasangan Adil - Asmar atau AOK mendapatkan nomor urut satu, pasangan Hery Saputra - M Khozin atau pasangan Berseri Berkah mendapat nomor urut 2, Mahmuzin - Nuriman atau pasangan Menebas mendapatkan nomor 3, sementara pasangan Said Hasyim - Abdul Rauf atau pasangan Bersinar tidak melakukan pencabutan nomor dan otomatis mendapatkan nomor urut empat.

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Bidang Parmas dan SDM, Hanafi SSos menegaskan tiga pasang calon tersebut telah dinyatakan memenuhi syarat pencalonan melalui jalur partai politik dan persyaratan lain. 

Sementara penetapan pasangan Said Hasyim- Abdul Rauf akan ditunda setelah 14 hari penetapan, karena hingga saat ini Abdul Rauf masih positif Covid-19 dan dirawat di RSUD Arifin Achmad.

Namun jika sampai masa waktu yang ditetapkan masih positif atau belum sembuh dari Covid-19 maka bakal calon harus dilakukan penggantian. Partai politik bisa mengajukan penggantian calon bagi bakal calon yang positif Covid-19 dengan mengubah surat pencalonan dan sesuai kesepakatan paslon kepada parpol.

"Alhamdulillah, proses pencabutan nomor urut sudah selesai. Semua pasangan sudah mendapat nomor urut dan kita akan lanjutkan ke tahap selanjutnya. Saat ini kita sedang melakukan deklarasi damai pasangan calon," kata Hanafi.

Seperti diketahui Calon nomor urut 1 
pasangan H.M. Adil, SH dan AKBP (Purn) H Asmar yang diusung oleh PDIP dan PKB dengan 8 kursi, calon nomor 2
Heri Saputra, SH dan H.M. Khozin, M.A yang diusung PAN, Demokrat, Nasdem
dengan jumlah 9 kursi dan partai pendukung Partai Garuda, calon nomor urut 3 Mahmuzin Taher dan Nuriman Khair diusung Gerindra dan PPP dengan 6 kursi dan partai pendukung Partai Gelora.

Sementara itu pasangan Drs.H.Said Hasyim dan Abdul Rauf, A.Md  diusung Golkar dan PKS dengan jumlah 6 kursi.

Acara pengundian dan penetapan nomor urut dihadiri masing-masing LO, Bawaslu, Forkopimda. (Aldo)