Kesehatan

Alfedri Test Drive Ambulance Baru Puskesmas Koto Gasib

SIAK, RIAULINK.COM - Bupati Siak Alfedri sempat menguji coba mobil ambulance yang dihibahkan pemerintah daerah untuk Puskesmas Kecamatan Kotogasib yang baru saja diresmikan, Rabu (23/9/2020). 

Alfedri mengaku puas dengan mobil ambulance itu, setelah ia mencoba mengendarainya dan berkeliling di sekitar halaman Puskesmas untuk memastikan mobil itu dalam kondisi bagus.

"Insya Allah ini nyaman untuk mengangkut pasien jika ada yang dirujuk ke RSUD Siak atau ke rumah sakit di Pekanbaru. Karena memang prioritas kami adalah fasilitas yang memadai dalam penanganan kesehatan masyarakat," kata Alfedri usai kendarai ambulance itu. 

Dia mengatakan, bantuan satu unit mobil ambulance itu memang disiapkan Pemkab untuk setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Siak. 

"Tentunya kami berharap bisa melayani masyarakat dengan bantuan ambulance ini. Apalagi sekarang kita tengah menghadapi ancaman Covid-19, sehingga fasilitas untuk kesehatan masyarakat harus sangat diperhatikan dan ditingkatkan," ujarnya. 

Alfedri menggambarkan bahwa keberhasilan dalam pembangunan kesehatan adalah semakin berkurangnya jumlah masyarakat yang sakit dan datang ke Puskesmas maupun rumah sakit, dengan cara penyuluhan dengan mengutamakan pola hidup sehat kepada masyarakat. 

"Jadi mari sama-sama kita menjadi garda terdepan dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak. Caranya dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, terus memakai masker, rajin mencuci tangan serta menjaga kebersihan dilingkungan sekitar," imbaunya. 

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Siak, dr Toni Candra mengatakan pembangunan gedung baru puskesmas Kecamatan Kotogasib yang diresmikan itu bersumber dari dana APBN tahun anggaran 2019 dengan biaya Rp2,9 miliar lebih. 

"Dengan dibangunnya gedung baru Puskesmas Kotogasib ini diharapkan nantinya akan menjadi tempat rawat jalan sedangkan gedung lama akan dijadikan puskesmas rawat inap atau ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di Siak," jelas Tony. 

Selain Bupati Siak, peresmian gedung baru Puskesmas Kotogasib itu dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Siak Fairus Ramli, Camat Kotogasib Dicky Sofyan, Kepala Dinas Kesehatan Siak dr Toni Candra, Penghulu se-Kecamatan Kotogasib, Kepala Puskesmas Kecamatan Kotogasib Lili Fauziah Sinaga dan beberapa masyarakat di Kecamatan Kotogasib. (Wahyu/***)