Ekonomi

Jalan Tol Permai sebagai Ajang Promosi Produk UMKM Dumai

Keterangan foto : salah satu lokasi yang dijadikan tempat memasarkan produk UMKM Dumai yang dibangun oleh Kadin Dumai, tampak Ketua Kadin Dumai, Jek Hermanto (kanan) dan Penyuluh UMKM DisperinkopUKM Kota Dumai, Yudi Novywandry (kiri).

DUMAI, RIAULINK.COM - Masyarakat Provinsi Riau khususnya Kota Dumai akan merasakan cepatnya waktu perjalanan Dumai menuju Pekanbaru dengan diresmikannya jalan tax on location (Tol) Pekanbaru-Dumai (Permai).

Tentu saja ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat yang dikenal dengan kota pelabuhan industri ini, pasalnya jalan bebas hambatan tersebut akan memberikan peluang yang cukup besar kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kota Dumai untuk memasarkan produknya.

Yudi Novyandry selaku Penyuluh UMKM Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Dumai kepada riaulink.com melalui pesan singkatnya, Kamis (17/9/2020) mengaku senang, jika jalan tersebut bisa sebagai ajang promosi terutama bagi pengguna tol.

Sebab, di empat titik lokasi rest area (tempat peristirahatan) Tol Permai akan ditempati produk-produk UMKM dibawah naungan Kamar Dagang Industri (Kadin) Provinsi Riau yang dipimpin oleh Suprianto di antaranya Kadin Kota Pekanbaru, Dumai, Kadin Kabupaten Bengkalis dan Siak.

“Tentu saja banyak keuntungan dengan adanya peresmian Tol Permai itu mulai dari segi pariwisata, bisnis dan promosi daerah Dumai,”ungkap Yudi.

Tak hanya jalan Tol Permai saja sebagai ajang promosi daerah, Dumai juga akan ada pelabuhan penyeberangan Roro Dumai-Malaka. 

“Sehingga progres ajang promosi daerah tak hanya untuk wilayah daerah dan nasional saja melainkan internasional. Dan ini sangat banyak keuntungannya,”ucap dia lagi.

Untuk itu ia pun tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Ketua Kadin Dumai, Jek Hermanto. Ia menuturkan berkat kerja keras beliau Kadin bisa mendapatkan rest area.

“Dan beliau (Jek) mengajak pelaku UMKM  untuk berjualan atau memasarkan produknya tanpa ada membayar sewa alias gratis. Kerja beliau hari kita apresiasikan, untuk itu sekali lagi kami ucapkan terimakasih,”ujarnya singkat.

Sebelumnya, Jek mengatakan untuk memasarkan produk UMKM di rest area tersebut sudah dikoordinasikannya pihaknya bersama PT Hutama Karya Indonesia (HKI) selaku perusahaan yang membangun tol Permai.

"Program ini sudah ada jauh sebelum kita (pengurus Kadin) dilantik. Kita bertindak cepat, jadi begitu dilantik program langsung berjalan,"ucap dia.

"Alhamdulillah PT HKI juga mendukung dengan program yang kita tawarkan, makanya tadi kita lanjutkan program kita,"kata Jek.

Disambungnya, semua persiapan sudah hampir rampung, karena jalan tol juga akan diresmikan pada September ini.

Untuk sementara ukuran lokasi tempat menjual produk UMKM tersebut tidak terlalu besar. 

"Karena berhubung jalan tolnya segera diresmikan oleh presiden (Jokowi), makanya untuk sementara kita buat kecil saja. Apalagi nantinya presiden juga berencana mengunjungi empat titik rest area yang diisi oleh Kadin,"papar dia.

"Ini kita lakukan sesuai dengan visi misi Kadin, memajukan UMKM tak hanya di daerah dan nasional saja melainkan mancanegara,"tukas dia.(kll)