Kesehatan

Pemkab Siak Terima Bantuan Ventilator dari Perusahaan

SIAK, RIAULINK.COM - PT Kimia Tirta Utama (KTU) yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk menyerahkan satu set ventilator untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di Siak. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada satgas penanganan Covid-19 di posko mess pemda Siak, Kamis (17/9/2020). 

Administrator PT KTU, Achmad Zulkarnain mengatakan bantuan yang disalurkan merupakan tahap ke-5 selama masa pandemi yang diberikan perusahaan sebagai komitmen membantu penanganan Corona di Kabupaten Siak.

Ventilator itu sendiri saat ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit untuk penanganan pasien Covid-19. Apalagi di Indonesia umumnya dan Siak khususnya  jumlah pasien terkonfirmasi positif semakin meningkat. 

"Jadi kenapa kami pilih ventilator ya karena ini sedang dibutuhkan, kami mendapat informasi di Riau kasus positif semakin meningkat, otomatis pasien bertambah dan rumah sakit butuh alkes untuk menunjang penanganan pasien," katanya kepada wartawan di Posko Satgas Covid-19 Siak.

Achmad Zulkarnain menjelaskan, bantuan ventilator ini merupakan salah satu program Nurani Astra dalam rangka membantu pemerintah untuk menangani Covid-19 di Indonesia.

Program ini telah menyalurkan bantuan ventilator sebanyak 50 set ke delapan provinsi senilai Rp20,8 miliar dan dari PT Astra sendiri telah menyalurkan bantuan senilai 151,8 miliar untuk lima tahap. 

Sebelumnya, program Nurani Astra telah menyumbangkan sembako, APD, perlengkapan ICU, kendaraan pick up dan truk serta terakhir alkes ventilator. "Semoga bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya kepada yang membutuhkan," tuturnya. (Wahyu/***)