Riau

Ahli Epidemologi Sarankan WFH 75 Persen untuk Seluruh Instansi

Ilustrasi. Int

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Ahli Epidemologi Indonesia, menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Kota yang masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19, untuk melaksanakan work from home (WFH), 75 persen terhadap pegawai yang ada di seluruh instansi perkantoran Pemerintahan. Mengingat semakin tingginya penyebaran kasus positif klaster keluarga dan perkantoran. 

Ketua Perhimpunan Ahli Epidemologi Indonesia (PAEI) Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, mengatakan, perlu diberlakukan WFH sesuai dengan zona yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan Mentri Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Mengingat meningkat signifikas kasus positif di Riau. 

“Sesuai dengan edaran Menpan nomor 67 tahun 2020, kalau zona merah itu 75 persen work from home, kalau sona oranye 50:50, kalau zona kuning 25 persen work from home, zona hijau nol persen semua kerja,” ujar dr Wildan, Senin (14/9).

“Termasuk di Pekanbaru sudah seharusnya, kan di 6 Kabupaten Kota di Riau masuk zona merah. Harusnya cuma 25 persen yang masuk kantor ini, 75 persen kerja dirumah sesuai edaran Menpan RB itu. Itu berlaku semua ASN kan, semua pegawai negri di kantor pemerintah,” tegasnya.

Dijelaskan Wildan, terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 di Riau, selain dari swab masal dan mandiri, juga pasca libur bersama yang panjang. Sehingga banyak masyarakat yang keluar kota, dan juga orang yang masuk ke Riau, dan membawa kasus positif yang menularkan kepada orang-orang terdekat. 

“Itukan peningkatan ini dimulai dengan adanya cuti-cuti bersama peningkatan bertambah, disitulah mulai naik-naik. Tapi dalam dua minggu ini bisa turun, karena yang naik inikan sudah 7 minggu, tapi mudah-mudahan hari ini saya lihat ada penurunan,” jelasnya.(MC)