Metropolis

Langgar Prokes Covid-19 di Kateman, Siap-siap Disanksi

INHIL, RIAULINK.COM - Jumlah Pasien Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) beberapa bulan yang lalu sempat Nihil, Namun saat ini Jumlah Kasus Covid-19 di Inhil terus mengalami peningkatan. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kecamatan Kateman melaui Tim Gusus Tugas Covid- 19 bersama Anggota Polsek Kateman, Anggota Koramil 06 Kateman,
Satpol-PP, Serta Pemerintah Kelurahan Taga Raja Terus Gencar melakukan Pendisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan Kepada masyarakat.

Camat Kateman, Kamren, S.Sos menyebut bahwa saat ini Jumlah KasuS Covid-19 di Inhil terus mengalami peningkatan.

"Oleh karena itu, Kita tidak boleh lengah. Kita harus tetap menjalankan dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari yang telah di anjurkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah," Sebutnya Kepada Riaulink.com, Senin (14/09/2020).

Tambahnya, Kamren, S.Sos menjelaskan bahwa penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 bertujuan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Lanjutnya, Kamren, S.Sos menjelaskan bahwa selain menghimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan, Pemerintah Kecamatan Kateman juga mensosialisasikan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang adanya sangsi hukum bagi masyarakat yang tidak mematuhi Protokol Kesahatan.

"Jadi, Gubernur Riau Syamsuar membuat Pergub Nomor 55 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Riau," Jelasnya.

Tambahnya, Kamren, S.Sos menyebut bahwa Ruang lingkup Pergub itu meliputi, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sanksi, sosialisasi dan partisipasi dan pendanaan. 

"Terkait sanksi bagi pelanggar seperti perorangan akan diberikan teguran lisan atau teguran tertulis, kerja sosial dan denda administratif. Sedangkan bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat, dan fasilitas umum berupa, teguran lisan atau teguran tertulis, denda administratif, penghentian sementara operasional usaha, dan pencabutan izin usaha," Ungkapnya.

Sebagai Informasi, Giat Penerapan Protokol Kesehatan dan Sosialisasi Pergub 
dilaksanakan di Pasar Sei Guntung, Pelabuhan serta tempat-tempat perbelanjaan. (Jb)