Peristiwa

Sukseskan Sensus Penduduk 2020, Petugas di Inhil Ini Rela Berjalan Sejauh 4 Kilo Meter

Tampak petugas sensus menuju rumah warga yang berjarak 4 Kilo meter ditempuh dengan berjalan kaki, Desa perigi Raja

INHIL, RIAULINK.COM - Sensus Penduduk 2020 sejatinya tidak akan berjalan sukses tanpa adanya seorang Petugas Sensus.

Namun, Menjadi Petugas Sensus 2020 tidak lah semudah apa yang di pikirkan. Tentunya Banyak sekali rintangan dan hambatan yang akan dijumpai dilapangan.

Salah satu Rintangan dan hambatan yang sering dijumpai petugas sensus dilapangan adalah sulitnya akses menuju rumah warga khususnya yang berada di perdesaan, Seperti yang dialamai oleh petugas sensus di Desa Perigi Raja Kecamatan Kuindra. 

Reza Fahlufi salah satu petugas sensus yang bertugas di Desa Perigi Raja menyebut bahwa kendala yang sering ditemui dilapangan adalah sulitnya akses menuju rumah warga.

"Kalau di Desa, Jarak antara Rumah satu ke Rumah lainnya bisa mencapai 1 Kilometer, terkadang juga bisa lebih," Sebutnya kepada Riaulink.com, Senin (14/09/2020).

Tambahnya, Reza Fahlufi menjelaskan bahwa selain jarak antar rumah yang jauh, akses jalannya pun sulit karena terkadang harus menerobos semak belukar, bahkan terkadang harus jalan kaki sampai 4 Kilometer karena jalan yang dilalui tidak bisa menggunakan motor," Jelasnya.

Lanjutnya, Reza Fahlufi menyebut bahwa meskipun banyak sekali rintangan dan hambatan yang ditemui dilapangan saat melakukan sensus penduduk, namun itu semua tidak menjadi penghalang untuk menjalankan tugas sebagai petugas sensus.

"Selain ini sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai petugas sensus, juga karena Sensus penduduk 2020 bertujuan untuk Menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia," Jelasnya.

Sebagai informasi, Petugas Sensus Penduduk di Desa Perigi Raja Berjumlah 2 orang yakni Reza Fahlufi dan Dian Syahputra. (Jb)