Lingkungan

Waspada,, Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Guyur Riau

Ilustrasi. Int

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Hujan dengan intensitas ringan hingga hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di provinsi Riau, Senin (13/9/2020).

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah mengatakan, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung hingga malam hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yudhistira Mawaddah.

Ia mengatakan, pagi hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Rokan Hilir dan juga Indragiri Hilir.

"Sementara siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Kota Pekanbaru, Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti," cakapnya.

Lalu malam hari potensi hujan berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Siak. Pelalawan dan Kota Pekanbaru.

"Sedangkan dini hari cuaca Riau cerah berawan, tak ada potensi hujan," sebutnya.

Dikatakan Yudhistira lagi, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Siak, Pelalawan dan Kota Pekanbaru pada sore dan malam hari.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 - 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara - Barat Daya dengen kecepatan 10 - 36 KM/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.