Nasional

Jalin Kerjasama di Berbagai Bidang, PB IKAMI Sulsel Gelar Rapat Virtual bersama Kedubes India

JAKARTA, RIAULINK.COM - Bidang Hubungan Internasional PB IKAMI Sulsel melakukan rapat virtual bersama Kedutaan Besar India di Indonesia (Embassy of India) yang diwakili Bapak Sujit Kumar Bharti Third Secretary Kedutaan India di Indonesia. Rapat ini untuk membahas kerja sama lanjutan dari pertemuan sebelumnya.  

Agendanya mebahas rencana kerjasama di bidang pendidikan, pariwisata, kebudayaan, kerjasama publikasi, ekonomi dan teknologi.

Sebagai pembuka, Ketum PB IKAMI Sulsel Rahmat Al Kafi menyampaikan bahwa Indonesia dan India adalah negara yang bersahabat sejak lama sebagaimana kedekatan Presiden Soekarno dan PM India Jawaharlal Nehru di masa lalu. Mereka juga menjadi motor konferensi Asia Afrika.

"Semoga kerjasama kita ke depan dapat melanjutkan semangat Presiden Soekarno dan PM Jawaharlal Nehru".

Lalu dilanjutkan oleh bapak Sujit Kumar bahwa Embassy of India sangat bangga untuk memulai kerjasama dgn PB IKAMI Sulsel di berbagai bidang.

"Embassy of India terbuka untuk memberi kesempatan mahasiswa sulsel melakukan magang di Kedutaan Besar India di Indonesia, perusahaan-perusahaan yang ada di India, pertukaran pemuda Indonesia dan India hingga kesempatan memperoleh beasiswa untuk mahasiswa Sulsel untuk tingkat S2-S3 di universitas terbaik India". 

"Selain itu, kami punya pandangan yang sama untuk pengembangan kewirausahaan bagi pemuda Sulsel. Pasar India yang besar dapat menjadi pasar ekspor bagi anggota atau alumni IKAMI Sulsel yang berwirausaha begitupun sebaliknya".

Apalagi kebutuhan India akan rempah-rempah sangat besar dan Sulsel termasuk daerah penghasil rempah-rempah. Tidak hanya di bidang perekonomian, tapi juga project kolaborasi untuk dokumentasi sejarah Indonesia dan India.

Kedepannya PB IKAMI dan Kedutaan Besar India di Indonesia akan banyak berkolaborasi dari berbagai bidang  project dan program kerja yang dapat memajukan Sulawesi Selatan dan generasi mudanya

Turut hadir dalam rapat ini Ketua Bidang Hubungan Internasional, Muhammad Munawwir Tipu Mas Mattaro (Bung Noi), Wasekjend Bidang HI, Muhammad Fauzan Alimuddin, dan Departemen HI Fadhli Febrian./MFA