Sosial

33.691 Paket Sembako Pemkab Siak Tahap II Sudah Disalurkan

Penyaluran paket sembako pemkab siak tahap II

SIAK, RIAULINK.COM - Sebanyak 33.691 paket sembako tahap II telah disalurkan di 14 kecamatan se-Kabupaten Siak. 

Distribusi paket sembako tersebut dilakukan oleh Asisen I Setdakab Siak, Budhi Yuwono di Kantor Camat Tualang dihadiri Kepala Perum Bulog wilayah Riau-Kepri Bachtiar, Kadis Sosial Siak, Wan Idris dan Sekcam Tualang Ari Darmawan, Kamis (10/9/2020).

Paket sembako dibagikan kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat Covid-19 dan warga kurang mampu yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Kadis Sosial Siak, Wan Idris mengatakan penyaluran sembako memang ada keterlambatan sebab pendataan yang dilakukan benar-benar difilter dan verifikasi yang ketat agar tidak ada lagi tumpang tindih data penerima.

"Penerima paket sembako ini mengalami kenaikan pada tahap ke II di 6 kecamatan yaitu Tualang, Kandis, Minas, Dayun, Mempura dan Bungaraya," kata Wan Idris.

Dijelaskannya, pada tahap I telah disalurkan sebanyak 16.850 paket sembako bulan Mei lalu. Tahap ke II ini disalurkan sebanyak 16.841. Sehingga total keseluruhan mencapai 33.691.

Dia menyebutkan adanya kenaikan atau tambahan paket sembako berdasarkan dari usulan perangkat kampung dan lurah melalui musyawarah kampung khusus (Muskamsus). Diusulkan di kecamatan dan ditetapkan oleh camat, kemudian disampaikan ke dinas sosial yang bekerja sama dengan bulog.

Namun sebelum disalurkan lanjut Wan Idris, terlebih dahulu dilakukan validasi data apakah penerima telah menerima bantuan lainnya dari program pemerintah seperti dana desa dan PKH. Selain itu juga NIK tidak boleh ganda. (Wahyu)