Lifestyle

Wedang Jahe, Cegah Jerawat Hingga Bikin Pria Makin 'Jreeeng'

Wedang jahe

RIAULINK.com - Tiap orang memiliki minuman favorit untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Ada yang minum secangkir kopi atau teh. Namun, untuk mereka yang kurang nyaman dengan efek dari minum kopi atau teh, wedang jahe sering jadi pilihan.

Wedang jahe merupakan minuman khas Indonesia berbahan dasar jahe. Banyak masyarakat beranggapan konsumsi wedang jahe dapat menghangatkan tubuh serta menangkal virus jahat.

"Wedang jahe dapat menjaga kekebalan tubuh dari virus. Sebab kandungan jahe yang memberi rasa pedas seperti zingeron, oleoresin, dan paradol tidak hanya menghangatkan namun juga mampu mengatasi proses peradangan," ujar spesialis gizi klinik, dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, dalam acara Ayo Hidup Sehat di TvOne, Rabu 19 Desember 2018.

Kandungan antiperadangan itu juga ampuh untuk mengatasi jerawat. Diminum setiap hari, ternyata sangat disarankan untuk mereka yang berjerawat.

"Minum wedang jahe tiap hari bisa hambat timbulnya atau kurangi jerawat yang dipicu oleh peradangan. Tapi, makanan lainnya juga harus dijaga, jangan konsumsi makanan berlemak," kata dia

Tak hanya itu, jahe memiliki zat bernama arginin yang mampu melebarkan pembuluh darah. Hal ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, khususnya bagi penderita hipertensi.

"Arginin juga berfungsi untuk meningkatkan performa pria. Aliran darah yang terbuka termasuk ke kelamin pria, bisa membuat pria lebih 'greng'. Jangan minum sekali tapi setiap hari," paparnya.

Bahkan, wedang jahe ampuh untuk mencegah kanker. Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya mampu menangkal radikal bebas pemicu kanker.

"Jahe memiliki beragam zat antioksidan penangkal radikal bebas pemicu kanker. Pada jahe merah, zat antioksidannya lebih tinggi karena zat warnanya itu lebih bagus dibanding jahe putih," kata dia.

Meski begitu, wedang jahe tidak disarankan bagi pengidap maag atau sakit lambung berat. Sebab, sensasi pedas di jahe bisa berbahaya untuk kondisi lambung tersebut.