Serambi islam

Dumai Selatan Juara MTQ XVII se Kota Dumai

Keterangan foto : Sekda Kota Dumai, Herdi Salioso menyerahkan piala juara MTQ tingkat Kota Dumai ke Camat Dumai Selatan, Yudha Pratama

DUMAI, RIAULINK.COM - Pergelaran musabaqah tilawatil quran (MTQ) XVII tingkat Kota Dumai usai dilaksanakan.

Perhelatan yang digelar dari Jumat, 28 Agustus sampai Rabu, 2 September lalu berlangsung aman dan lancar dimana pelaksanaannya tetap mengacu kepada protokol kesehatan.

Diikuti sebanyak 179 peserta dari seluruh kecamatan di Kota Dumai. Dengan rincian tujuh cabang diperlombakan yakni cabang tilawah, qiraat, tahfiz, syahril, cabang musabaqah makalah quran (MMQ), khat dan fahmil.

Ditutup oleh Sekda Kota Dumai, Herdi Salioso, yang dilaksanakan di Masjid Taqwa, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Dumai Kota, pada Rabu malam lalu.

Pada acara tersebut, kembali Kecamatan Dumai Selatan keluar sebagai juara setelah di tahun 2019 juga berada di peringkat puncak.

Dumai Selatan berhasil mengumpulkan skor sebanyak 52, kemudian disusul oleh Kecamatan Dumai Barat 46 posisi ketiga, Kecamatan Dumai Kota jumlah skor 23.

Lalu di peringkat keempat Kecamatan Bukit Kapur 20, juara kelima Kecamatan Dumai Timur 11.

Selanjutnya di posisi enam, Kecamatan Medang Kampai jumlahnya 9, terakhir Kecamatan Sungai Sembilan nilainya 5.

Herdi Salioso menjelaskan tujuan dilaksanakan MTQ sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menggemakan syiar Islam di kalangan masyarakat Kota Dumai.

"Sehingga terwujud masyarakat yang tidak hanya pandai membaca Alquran namun juga mampu memahami dan mengamalkan Alquran,"papar dia.

Sekda juga mengaku bangga karena cara tersebut terselenggara dengan sukses. Ia berterimakasih kepada seluruh panitia yang terlibat.

"Karena sudah bekerja keras mulai dari persiapan sampai suksesnya penyelenggaraan MTQ XVII tingkat Kota Dumai tahun 2020,"ucap Herdi.

Kepada para sang juara, Sekda mengucapkan selamat, jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk mengembangkan ilmu Alquran yang dimiliki. 

Kepada yang belum berhasil, jangan berkecil hati, jadikan ini sebagai cambuk untuk meningkatkan prestasi pada ajang MTQ tahun depan. 

"Kepada qori-qoriah yang meraih juara jangan cepat berpuas diri dan kepada yang belum menjadi juara jangan mudah putus asa,"katanya mengingatkan.

"Tetap semangat dan terus berusaha mengasah bakat yang dimiliki karena jalan adik-adik sekalian masih panjang untuk meraih prestasi yang gemilang,"pesan dia.

"Tahniah, untuk tahun ini kembali Kecamatan Dumai Selatan mempertahankan gelarnya, dengan menjadi Juara Umum pada MTQ ke-XVII Kota Dumai,"tukasnya. (Kll)