Kesehatan

Covid-19 di Siak, Tambah 8 Positif dan 3 Sembuh

Sekretaris gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono

SIAK, RIAULINK.COM - Up date kasus penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 per hari Sabtu (15/8/2020) di Kabupaten Siak bertambah 8 orang, sehingga total positif menjadi 216 orang selama masa pandemi mewabah.

Kabar lainnya, ada 3 penambahan pasien yang sembuh dan dinyatakan negatif dari hasil swabnya. Total pasien sembuh tercatat 81 orang.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono merincikan 8 penambahan positif itu yakni:

1. Pasien ke-209 terkonfirmasi positif Covid-19 adalah Tn. AR (57) warga Kecamatan Mempura. Saat ini diisolasi dan dirawat di Asrama Haji Siak. Tn. AR merupakan hasil dari Skrining (tes deteksi) yang dilakukan oleh laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Siak. 

2. Pasien ke-210 adalah Ny. EM (41) warga Kecamatan Tualang, Saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka Hospital Pekanbaru. Ny. EM merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari klaster perusahaan.

3. Pasien ke-211 adalah Nn. FU (18) warga Kecamatan Tualang. Saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka Hospital Pekanbaru. Nn. FU merupakan bagian dari klaster perusahaan.

4. Pasien ke-212 adalah Ny. FS (51) warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi di RS Eka Hospital Pekanbaru. Tn. FS merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari klaster perusahaan.

5. Pasien ke-213 adalah Ny. SA (36) warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di RS Eka Hospital Pekanbaru. Ny. SA merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari klaster perusahaan.

6. Pasien ke-214 adalah Tn. Y (42) warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi di RS Eka Hospital Pekanbaru. Tn. Y merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari klaster perusahaan.

7. Pasien ke-215 adalah Nn. GTS (21) warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah dirawat dan diisolasi di RS Eka Hospital Pekanbaru. Nn. GTS merupakan karyawan perusahaan dan bagian dari klaster perusahaan.

8. Pasien ke-216 adalah Ny. R (52) warga Kecamatan Minas. Ny. R (52) menjalani perawatan di RS Ibnu Sina Pekanbaru, kemudian untuk persyaratan tindakan medis maka yang bersangkutan dilakukan rapid dan swab. Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan terkonfirmasi dan belum diketahui kontak eratnya.

Sedangkan 3 penambahan pasien sembuh adalah:

1. Pasien ke-182 Tn. CA (49) dari RS Eka Hospital Pekanbaru.

2. Pasien ke-189 Nn. K (19) dari RS Eka Hospital Pekanbaru.

3. Pasien ke-197 Tn. N (55) dari RS Eka Hospital Pekanbaru. 

Dengan penambahan itu, total positif yang dirawat sebanyak 133 orang, sembuh 81 orang dan 2 orang meninggal. 

"Pasien dirawat tersebar di beberapa tempat dengan rincian 102 pasien di RS Eka Hospital, 13 di RSUD Siak, 14 di Asrama Haji dan 1 orang di RS Arifin Ahmad, dan 1 orang di RS Ibnu Sina Pekanbaru," kata Budhi pada keterangan persnya.

Dikatakannya, masih ada 175 sampel lagi menunggu hasil, semuanya tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swap.

Seiring meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak, Budhi mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Ia mengajak masyarakat untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan serta menjaga pola hidup sehat. (Wahyu/***)