Serambi islam

Bupati Siak: Zakat Bantu Saudara Kita di Tengah Pandemi

SIAK, RIAULINK.COM - Bupati Siak, Alfedri telah menyalurkan zakat tahap tiga kepada 361 orang kaum dhuafa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Siak di Masjid Raya Abdul Jalil Rachmad Syah, Kecamatan Lubuk Dalam.

"Zakat yang dikeluarkan bisa membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak warga yang terdampak secara ekonominya. Semoga yang menerima bisa memanfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhannya," kata Alfedri, Sabtu (15/8/2020). 

Menurut Alfedri, zakat merupakan amal ibadah sekaligus kewajiban umat Islam untuk peduli kepada saudaranya yang kurang mampu. Dengan begitu manfaat zakat tidak hanya bersifat individu saja, tapi juga secara luas kepada masyarakat. Kemudian secara umum zakat sebagai wujud kepedulian sosial kepada ummat. 

"Membiasakan untuk peduli terhadap penderitaan orang lain akan mendatangkan keberkahan dalam hidup sekaligus untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Semoga berkah dan kita terhindar dari musibah," kata Duta Zakat Kabupaten Siak itu. 

Seiring meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak, Alfedri juga mengingatkan masyarakat agar tetap mengikuti aturan pemerintah tentang  protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker dan cuci tangan agar selalu dalam keadaan bersih, mencuci tangan pakai sabun agar virus tersebut hilang. 

Sementara itu, ketua BAZNAS Kabupaten Siak, M Rasyid Suharto menyampaikan zakat yang diserahkan merupakan hasil dari pengumpulan zakat yang dikumpulkan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Lubuk Dalam sejak dua bulan terakhir.

Rasyid juga menyampaikan bahwa BAZNAS juga telah menyalurkan zakat tahap empat perdana di tahun 2020 untuk Kecamatan Kandis.

Zakat yang disalurkan berupa Sembako dan uang tunai sebanyak 257 paket dengan jumlah Rp205 juta dan zakat produktif Rp225 juta. Sehingga total zakat yang disalurkan di Kecamatan Kandis itu sebanyak Rp430 juta.

"Dari bulan Januari hingga Agustus 2020 yang telah tersalurkan berjumlah Rp13,4 miliar lebih," kata Rasyid. 

Rasyid berharap, agar masyarakat yang belum mengeluarkan zakatnya agar segera mengeluarkannya melalui BAZNAS. 

Ia juga bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada para Muzaki yang telah mengeluarkan zakat dan mempercayakan kepada BAZNAS. 

"Insya Allah kami akan menjalankan dengan amanah," tutup Rasyid. (Wahyu/***)