Metropolis

Camat TPTM Kukuhkan dan Teken MoU Satgas Karhutla

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Camat Tanah Putih Tanjung Melawab ( TPTM ), Robby Kurniawan SSTP MSi mengukuhkan sekaligus mendatangani ( teken ) MoU Satgas pencegahan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla ) Kecamatan TPTM, Kamis (13/8/2020) di halaman kantor Kecamatan TPTM.

Selain pengukuhan dan penandatangan MoU juga dilakukan Sosialisasi dan Simulasi pemadaman kebakaran yang di pimpin oleh regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT. RUJ, yang di ikuti oleh 40 personil MPA dari masing-masing kepenghuluan yang tergabung dalam Satgas Karhutla Kecamatan TPTM.

Sementara, sosialisasi disampaikan oleh Dewangga selaku Crew Leader RPK RUJ. Pada kesempatan itu dia juga menjelaskan jenis-jenis dan kegunaan peralatan pemadaman.

Anggi Saputra (Prevention Officer) PT. RUJ menambahkan, bahwa sebagai bentuk upaya pencegahan Karhutla PT. RUJ telah mendirikan Posko Satgas Karhutla berlokasi diwilayah Parit Karim yang merupakan wilayah rawan kebakaran, dengan  dilengkapi dengan peralatan pemadaman dan deteksi titik api.

PT. RUJ dalam hal ini di wakili oleh Zulkifli Amran selaku Humas menyampaikan bahwa upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini merupakan tugas bersama. "Melalui Satgas Karhutla ini diharapkan sinergitas antara Upika dan perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran dapat berjalan dengan lancar," harap Zulkifli.

Sementara itu Camat TPTM (Roby Kurniawan, STTP, M.Si) didampingi Kapolsek TPTM Iptu Abu Bakar serta Danramil 02 Tanah Putih Kapten Inf Khairul  Anwar mengungkapkan, bahwa Kecamatan TPTM termasuk zona rawan terjadinya Karhutla, karena sebagian wilayah nya merupakan lahan gambut. Khsususnya lahan yang berada di seberang Sungai Rokan. Tepatnya di Labuhan Papan, Parit Karim dan Sarang Elang.

"Kita sangat Apresiasi terhadap Perusahaan PT. RUJ ( Ruas Utama Jaya ) yang telah berinisiatif untuk membentuk Satgas Karlahut ini. Tentubya ini merupakan upaya kita bersama untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di daerah kita ini," ujar Robby.

Camat yang juga selaku Dansatgas  mengharapkan Tim Satgas yang baru di kukuh ini dapat menjalankan tugasnya. "Ketika terjadi Kargurla harus segera ikut bertindak, karena sudah menjadi tanggung jawab kita bersama," pungkas Robby. (Dgt)