Ekonomi

Realisasi PAD Dumai Hingga Juli Capai 87,85 Persen

DUMAI, RIAULINK.COM - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Dumai melesat signifikan.

Hingga Juli 2020, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Kota Dumai sebesar 87,85 persen atau sebesar Rp117.557.526.906 dari target yang telah ditetapkan yakni Rp133.821.342.930.

Kepala Bapenda Kota Dumai, Mardjoko Santoso kepada wartawan, Selasa (11/8/2020) di ruang kerjanya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai ini merincikan jumlah penyumbang PAD di antaranya dari sektor pajak bumi bangunan (PAD) sebesar Rp84 miliar.

Kemudian pajak penerangan jalan PLN Rp16 miliar, kemudian pajak penerangan jalan non PLN Rp4,8 miliar termasuk pajak lainnya yaitu pajak hotel, hiburan, restoran, pajak parkir, pajak air tanah dan beberapa sektor pajak lainnya. 

"Dengan pencapaian yang ada, kita sangat optimis target PAD yang sudah ditetapkan oleh Bapenda sehingga bisa tercapai bahkan melampaui target yang ada,"ucap dia lagi 

Menurut dia lagi, banyak potensi pajak yang belum digarap maksimal seperti pajak parkir di kawasan industri Pelindo.

"Karena memang saat ini di kawasan Pelindo belum membayar pajak parkir, padahal sudah kami tetapkan sebagai obyek pajak,”terangnya.

“Saya berterima kasih kepada tim yang di lapangan yang tidak kenal lelah dalam memungut pajak yang ada,” tuturnya.

Selain, itu ia juga berterima kasih kepada wajib pajak yang selalu taat membayar pajak sehingga PAD di Kota Dumai bisa terealisasi dengan baik. 

“Ini kerja sama semua pihak, terutama wajib pajak yang saat ini memang ketaatan dalam membayar pajak cukup tinggi,” terangnya.

"Kita berharap para wajib pajak yang belum membayar pajak agar segera membayar pajak ke daerah, karena itu sangat penting dalam pembangunan Kota Dumai,"ujarnya. (Kll)