Metropolis

Pemko Dumai Anggarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi, Ini Kategorinya

DUMAI, RIAULINK.COM - Pemko Dumai melalui Bidang Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat kembali menganggarkan beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian ADM dan Kesra Setdako Dumai, Syawir Kasim. 
Disampaikannya, Pemko Dumai memberikan dua kategori beasiswa yakni beasiswa pendidikan dan beasiswa tugas akhir.

Beasiswa tugas akhir tersebut diperuntukkan untuk jenjang diploma tiga (D3) hingga strata satu (S1) baik untuk mahasiswa di dalam maupun di luar Kota Dumai. Beasiswa tersebut dianggarkan melalui APBD tahub anggaran 2020.

Dana beasiswa ini dianggarkan dalam rangka wujud kepedulian pemerintah di bidang pendidikan.

Sesuai dengan UU nomor 13 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi dan Peraturan Wali Kota Dumai nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas Peraturan Wali Kota Dumai nomor 27 tahun 2015 tentang beasiswa bagi mahasiswa dan mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu asal Dumai.

"Namun untuk berapa jumlah mahasiswanya belum bisa kita pastikan karena harus memenuhi kriteria dan persyaratan sesuai ketentuan berlaku,"terang Syawir.

Adapun persyaratannya di antaranya para mahasiswa membuat surat permohonan yang ditujukan kepada Wali Kota Dumai.

Kemudian para mahasiswa juga harus membuat surat pernyataan bahwa mereka dari keluarga tidak mampu dan diketahui lurah setempat.

Selanjutnya surat keterangan aktif kuliah dari pimpinan perguruan tinggi. Lalu harus menunjukkan transkip nilai atau kartu hasil studi (KHS) yang dilegalisir oleh pihak berwenang dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 serta beberapa persyaratan lainnya harus dilampirkan sesuai apa yang berlaku dan ditetapkan oleh Pemko Dumai melalui Bidang Adm dan Kesra.

"Untuk persyaratan dan ketentuannya bisa dilihat di alamat dumai.go.id setiap kantor lurah, camat, perguruan tinggi se Kota Dumai dan kanal Pemko Dumai,"ungkap dia.

Menurut dia, semakin jauh mahasiswa kuliah semakin tinggi pula bantuan beasiswa mahasiswa berprestasi kurang mampu diberikan. 

"Karena semakin tinggi pula kebutuhan mahasiswa yang diperlukan saat menimba ilmu di daerah orang terutama merantau ke Jawa,"tukasnya.(kll)