Sosial

Edukasi Masyarakat Tentang Industri Rumahan, Ini yang Dilakukan Kukerta Abdimas UNRI Kelurahan Air Dingin

RIAULINK.COM - Mahasiswa kukerta abdimas terintegrasi Kelurahan Air Dingin merealisasikan program kerja yang sudah dirancang dari awal kedatangan mahasiswa, yaitu sosialisasi Bussiness plan, penggunaan aplikasi untuk menunjang pembelajaran daring dan cara menghasilkan uang di masa pandemi covid-19 dengan media YouTube. 

Peserta Sosialisasi merupakan pelaku industry yang ada di Kelurahan Air Dingin. Selama sosialisasi berlangsung peserta  sangat antusias menerima ilmu yang disampaikan mahasiswa kukerta dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan). Kegiatan Sosialisasi tetap mematuhi protocol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Kegiatan ini dilakukan pada Jum’at, 7 Juli 2020 dan dihadiri 15 pelaku industry. Sosialisasi dilakukan di kantor Kelurahan Air Dingin dan berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. 

Pada tahun 2017 Indonesia masuk dalam 10 besar di ketegori manufacturing value added. Indonesia menjadi negara yang kontribusi industrinya cukup tinggi. Hal itu menjadi latar belakang mahasiswa kukerta untuk memberikan sosialisasi bussinees plan agar pelaku industry tetap kreatif dan focus pada tujuan yang telah ditetapkan saat awal ingin membuka sebuah bisnis. Untuk menambah semangat pelaku industry mahasiswa juga memberikan contoh kemasan produk yang menarik agar konsumen lebih tertarik.

Selain memberikan sosialisasi mengenai business plan mahasiswa juga memberikan tutorial menggunakan aplikasi penunjang daring yang kurang lebih 4-5 bulan telah diterapkan sejak pandemi virus covid-19.  Dan memberikan tips untuk mendapatkan uang di masa pandemi yang sedikit banyaknya membuat masyarakat mengalami kesulitan ekonomi bahkan kehilangan pekerjaan.

Mahasiswa KKN juga menyertakan buku panduan mengenai materi yang disampaikan selama sosialisasi. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat secara berkelanjutan dan diharapkan dapat diterapkan saat melakukan kegiatan industry dan menjadi semangat baru bagi pelaku industry untuk bersaing dengan pelaku industry lainnya.