Hukrim

Empat Jambret di Pekanbaru 'Diseret' ke Polsek Tenayan Raya

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Empat orang pelaku pencurian dengan kekerasan diamankan Polsek Tenayan Raya, setelah melakukan aksinya di Jalan Perkasa, Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Kita Pekanbaru, Kamis (6/8/2020) kemarin.

Krononologis berawal pada Rabu 5 Agustus 2020 lalu, dimana saat itu korban Ruslan Simanjuntak hendak masuk ke sekolah SMP Negeri 11 di Jalan Perkasa Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Saat itu korban masih berada diposisi depan pintu gerbang, datang dua orang pelaku dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Mio warna hitam mengambil handphone yang berada di saku baju depan sebelah kiri korban.

Korban berusaha mengejar pelaku, namun datang lagi dua orang teman pelaku dengan menggunakan sepeda motor merek Honda Beat warna hitam, menghalang-halangi kejaran korban dengan menzigzagkan sepeda motor yang dikendarai pelaku.

Ketika mengejar pelaku, korban terjatuh dan dibantu oleh warga masyarakat setempat, salah seorang warga masyarakat memberikan informasi kepada korban "pak, pelaku jambretnya sudah dapat, lihatlah", sehingga korban melihat dan memastikan pelaku yang diamankan warga masyarakat tersebut.

Kedua pelaku yang dilihat korban, merupakan pelaku yang mengambil handphone milik korban, sehingga korban melaporkan ke Polsek Tenayan Raya.

Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat tentang diamankannya dua orang diduga pelaku jambret, kemudian Kapolsek Tenayan Raya Kompol Hanafi memerintahkan Kanit Reskrim Iptu Manulang bersama tim opsnal mendatangi tempat kejadian perkara untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, dan ketika sampai di tempat kejadian perkara kedua orang pelaku  telah diamankan massa setempat.

Tim opsnal Polsek Tenayan Raya dipimpin Kanit Reskrim Iptu Manulang  melakukan pengembangan terhadap dua orang pelaku berinisial A (26) dan FP (17) yang diamankan masa, kemudian didapati dua orang pelaku lainnya yang diamankan di Hotel Ratu Mayang Garden kamar 240 berinisial Y alias N (17) dan EI alias W (19), kemudian ke-4 tersangka dibawa ke Polsek Tenayan Raya untuk dilakukan penyidikan perkaranya 

Terhadap HP korban, menurut keterangan tersangka terjatuh di tempat kejadian saat menarik HP dari saku baju depan sebelah kiri korban, dan hingga kini HP tersebut belum ditemukan.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu'min Wajaya melalui Kapolsek Tenayan Raya Kompol Hanafi membenar telah mengamankan empat pelaku kejahatan jalanan jambret inisial A alias A (26), FP alias F (17), Y alias N (17) dan EI alias E (19).

"Keempat pelaku ini telah melakukan jambret terhadap korban di sekolah SMP Negeri 11 jalan perkasa pekanbaru," katanya.

Pelaku A lias A dan FP alias F dapat mengambil handphone korban yang berada di saku baju depan sebelah kiri saat posisi korban berada dipintu gerbang sekolah SMP negeri 11, dari pelaku jabret dapat disita barang bukti satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio M3 warna hitam dengan plat nomor terpasang BM 4148 AAV, satu Unit Honda Beat Warna hitam Biru dengan plat no terpasang BM 5363 AAY , satu buah kotak HP merk Oppo F1S, satu lembar faktur HP merk Oppo F1S, namun satu unit Hp merk Oppo A57 milik korban masih dalam pencarian (DPB).

"Dua dari empat pelaku jambret merupakan residivis inisial FP alias F dan Y alias N dan keempat pelaku telah dilakukan pemeriksaan urine.  Masing-masing tersangka positif  mengandung metampetamin, sebelumnya tersangka melakukan kejahatan sudah mengkonsumsi narkoba," ujar Kapolsek.

Keempat tersangka inisial A alias FP alias F, Y alias N dan EI alias E, dapat dipersalahkan melanggar Pasal 365 atau Pasal 363 KUH. Pidana. tambah," pungkasnya. (WAN)