Sosbud

Pandemi Berkepanjangan, LP Kelas IIA Tembilahan Belum Terima Kunjungan

INHIL, RIAULINK.COM - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Tembilahan, Adhi Yanriko Mastur, Bc.IP.,SH.,M.Si melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) H. Sukur menyebut bahwa Sampai Saat ini Layanan Jam besuk bagi warga binaan belum dibuka.

"Belum dibukanaya layanan jam besuk dikarenakan pandemi covid-19 yang belum juga berakhir," Sebutnya Kepada Riaulink.com, Jum'at (07/08/2020).

Lanjutnya, H. Sukur menjelaskan bahwa peniadaan atau belum dibukanya jam besuk bagi warga binaan di Lapas Kelas IIA Tembilahan sudah dimulai sejak 4 bulan yang lalu.

"Memamg sudah 4 bulan layanan jam besuk kita tiadakan, yakni sejak adanya wabah covid-19 di Indonesia," Jelasnya.

Lehih lanjut, H. Sukur menyebut bahwa peniadaan jam besuk di LP dan Rumah Tahaman (Rutan) ini berlaku di seluruh indonesia, bukan hanya di Tembilahan.

"Namun, Saat ini kita sudah mempersiapkan segala bentuk layanan jam besuk di masa pandemi, seandainya ada aturan dari Kemenkumham yang memperbolehkan jam besuk dilakukan di saat Pandemi ini, Seperti menyediakan skat-skat antara napi dan pengunjung," ungkapnya.

Tambahnya, H. Sukur menjelaskan bahwa Selain meniadakan jam besuk, pihaknya juga mengambil kebijakan mengawasi setiap kiriman bagi warga binaan. Titipan makanan dari pihak keluarga untuk warga binaan akan diperiksa, dan kemasannya langsung diganti untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Yang jelas, Kita sudah menyiapkan dan menerapkan berbagai protokol kesehatan Covid-19 di Lapas Kelas IIA Tembilahan," jelasnya. (Jb)