Metropolis

Kemenkum HAM Riau Belum Aktifkan Jam Besuk Lapas dan Rutan

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal ketika memberilan keterangan pers di Pekanbaru, Riau.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kanwil Kemenkum HAM Riau belum berencana mengaktifkan layanan besuk wargaan binaan diseluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan).

Pasalnya, kasus Corona Disease (Covid-19) masih cukup tinggi bahkan cenderung meningkat dalam beberapa waktu belakangan.

"Sampai saat ini kita belum membuka kunjungan pada warga binaan karena wabah Covid-19 belum menurun dan justru ada klaster baru. Karena itu kita tetap menjaga warga binaan agar tidak terpapar," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal, Kamis (6/8/2020).

Selain meniadakan jam besuk, pihaknya juga mengambil kebijakan mengawasi setiap kiriman bagi warga binaan. Titipan makanan dari pihak keluarga untuk warga binaan akan diperiksa, dan kemasannya langsung diganti untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kita sudah menyiapkan berbagai protokol kesehatan Covid-19, tapi Covid-19 nya tidak mau menggunakan protokol kesehatan," jelasnya.

Lanjut Hilal, untuk saat ini belum ada rencana warga binaan akan menjalani Rapid Test ataupun Swab PCR secara massal. 

Seandainya ada warga binaan yang menunjukan gejala tersebut langsung ditangani, mengingat Kemenkumham Riau sudah bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi maupun Kota dan Kabupaten se-Riau.

"Jika ada gejala terhadap petugas dan warga binaan kita akan lakukan Rapid Test, tapi sampai dengan saat ini alhamdulillah kondisi masih aman," pungkasnya.