Kesehatan

Waspada! September Kasus Covid-19 di Riau Diprediksi Meningkat 100 Orang Perhari

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kasus pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Riau diprediksi pada September akan mengalami peningkatan menjadi 100 kasus perhari.

"Mungkin perkiraan kita di Riau bulan September kasus Covid-19 bisa mencapai 100 orang perhari. Tapi kalau kita berubah, mungkin tidak sampai sebanyak itu, tapi kalau tidak siap-siap," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Kamis (6/8/2020).

Menurutnya kondisi itu terjadi, kalau seandainya tidak ada hal-hal yang berubah dari segi kebijakan terutama kedisiplinan menggunakan masker.

Kemudian tidak bisa memastikan orang-orang bekerja dari luar Riau pakai swab.

"Apalagi pasca hari raya Idul Adha dan nanti 17 Agustus, kemudian tidak ada kebijakan tambahan yang kuat, minggu kedua September itu kemungkinan akan terjadi kenaikan kasus baru di Riau mencapai 100 orang dalam satu hari," jelasnya.

Yovi mengaku, sebelumnya dua minggu lalu dengan kondisi Riau saat ini pihaknya telah prediksi dalam seminggu depannya kasus Covid-19 di Riau bisa diatas 50 orang.

"Ternyata benar kasus terbaru kita sampai 50 orang dan 70 orang. Kondisi ini karena protokol kesehatan tidak dijalankan dengan baik," cakapnya.