Kesehatan

Tambah 8 Dari Klaster PT IKPP, Jumlah Positif Covid-19 di Siak 108 Orang

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono

SIAK, RIAULINK.COM - Update Covid-19 per hari Kamis (6/8/2020), tercatat ada penambahan 8 orang terkonformasi positif yang merupakan klaster karyawan PT Indah Kiat Pupl and Paper (IKPP) Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Total keseluruhan pasien positif Covid-19 di Siak menjadi 108 orang selama pandemi mewabah. 

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono mengatakan semua pasien terkonfirmasi telah dirawat dan diisolasi di rumah sakit Eka Hospital, Kota Pekanbaru. 

Budhi merincikan, 8 orang penambahan itu yakni:

1. Pasien ke-101 teronfirmasi positif Covid-19 adalah Tn. MR (25) yang berdomisili di mess karyawan di Kecamatan Tualang. Saat ini diisolasi dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru.Tn. MR merupakan karyawan disalah satu perusahaan di Kecamatan Tualang. Ia merupakan kontak erat dari Pasien ke-70 Tn. B (52) yang ternyata rekan Kerja. 

2. Pasien ke-102 adalah Tn. WK (28) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini telah diisolasi di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. WK merupakan kontak erat dari pasien ke-70 Tn. B (52) yang juga rekan Kerjanya.

3. Pasien ke-103 adalah Tn. A (46) yang merupakan warga Kecamatan Tualang. Saat ini sudah diisolasi dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. A merupakan kontak erat dari pasien ke-70 Tn. B (52) yang juga rekan kerjanya.

4. Pasien ke-104 adalah Tn. I (50) yang merupakan warga di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah diisolasikan dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. I merupakan kontak erat dari pasien ke-70 Tn. B (52) yang juga rekan Kerjanya. 

5. Pasien ke-105 adalah Tn. BP (39) yang merupakan warga di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah diisolasikan dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. BP merupakan kontak erat dari pasien ke-57 Tn. AA (39) yang juga rekan kerjanya. 

6. Pasien ke-106 adalah Tn. S (33) yang berdomisili di mess karyawan perusahaan di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah diisolasikan dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. S merupakan kontak erat dari pasien ke-70 Tn. B (52) yang juga rekan kerjanya. 

7. Pasien ke-107 adalah Tn. N (52) yang berdomisili di mess karyawan perusahaan di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah diisolasikan dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. N merupakan kontak erat dari pasien ke-70 Tn. B (52) yang juga rekan kerjanya. 

8. Pasien ke-108 adalah Tn. AM (30) yang berdomisili di mess karyawan perusahaan di Kecamatan Tualang. Saat ini sudah diisolasikan dan dirawat di RS Eka Hospital, Pekanbaru. Tn. AM merupakan kontak erat dari pasien ke-70 Tn. B (52) yang juga rekan kerjanya. 

Budhi mengatakan saat ini masih ada 183 sampel swab yang menunggu hasilnya. Ia juga menyampaikan pasien positif Covid-19 di Siak yang dirawat tersebar dibeberapa rumah sakit.

"Dirawat di RS Eka Hospital 38 orang, di RSUD Tengku Rafian Siak 22 orang dan Asrama Haji 3 orangorang. Total 63 yang dirawat," jelasnya. 

Sedangkan kabar baiknya, ada penambahan yang telah sembuh sebanyak 2 orang yaitu pasien ke-53 Ny. EY (35) dan pasien ke-66 Ny. FN (23), kedua pasien dari RSUD Tengku Rafian Siak.

"Jadi yang sudah sembuh dan dipulangkan sebanyak 44 orang," kata dia. 

Seiring meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Siak, Budhi mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Ia mengajak masyarakat untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan serta menjaga pola hidup sehat. (Wahyu/***)