Kesehatan

1.843 Orang di Siak Sudah Lakukan Uji Swab Covid-19

Petugas medis sedang melakukan uji Swab kepada personel Polres Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Uji usap (Swab) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Siak sudah dilakukan kepada 1.843 orang selama pandemi Covid-19 ini. 

Hasilnya 100 orang positif, 177 menunggu sampel dan sisanya dinyatakan negatif.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Jamaluddin mengatakan angka uji swab yang dilakukan ini sudah melebihi target dari jumlah penduduk yakni 1.758 orang. Bahkan Pemkab Siak akan terus melakukan tracing untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

"Pemkab Siak sudah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi percepatan penanganan Covid-19. Bekerjasama dengan unsur Forkopimda dan Gugus Tugas untuk melakukan tracing terhadap orang yang kontak langsung dengan pasien positif corona," kata Jamaluddin di Kantor Bupati Siak, Kamis (6/8/2020). 

Jamaludin mengatakan dalam 3 minggu belakangan ini terjadi kenaikan yang luar biasa hingga totalnya mencapai 100 orang terkonfirmasi positif Covid-19. 

"Mirisnya lagi, sebagian besar dari jumlah ini pasien dari sub kontraktor PT IKPP sebanyak 18 orang dan mereka ini adalah pendatang dari daerah lain. 1 orang lagi yaitu Kepala Puskesmas Perawang," terangnya.

Upaya lain yang dilakukan Pemkab Siak yaitu penyekatan di pintu masuk wilayah Kabupaten Siak pada 8 titik. Awalnya penyekatan ini dibuat selama 3 bulan dan ditambah 3 bulan lagi.

"Kita juga melakukan episentrum yaitu penyekatan bagi warga yang keluar masuk di kawasan yang positif dan melakukan patroli pada tiap-tiap daerah yang rawan keramaian termasuk di ibukota kecamatan. Serta membuat penetapan daerah wajib masker dan Peraturan Daerah tentang penanganan Covid-19 yang sedang dibahas di DPRD," kata Jamaludin. (Wahyu/***)